Pimpinan Sementara DPRD Pamekasan Janji Tuntaskan Bentuk AKD dalam Sebulan

  • Whatsapp
Ketua DPRD PAmekasan Halili dan Wakil Ketua DPRD Pamekasan Imam Hozairi saat memimpin rapat paripurna.

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Periode 2019/2024, sudah dilaksanakan. Secara otomatis, perlu pembenahan alat kelengkapan dewan (AKD), wewenang dalam memfasilatasi kelengkapan tersebut berada pada ketua dan wakil pimpinan sementara.

Peran dan tanggung jawab itu, yang akan diselesaikan selama kurang lebih satu bulan ke depan.

Wakil Ketua sementara DPRD Pamekasan Imam Hozairi menyampaikan, keberadaan dirinya sebagai wakil ketua, merupakan representasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pamekasan.  Dengan begitu, dia berusaha untuk menunaikan segala bentuk kewajibannya selama menjadi pimpinan sementara.

“Kami ditugaskan oleh partai untuk menjadi pimpinan sementara, ingin memproses dan akan mengantarkan pimpinan definitif untuk periode mendatang,” tuturnya.

Sebagai langkah awal dalam melengkapi AKD, politikus PKB Pamekasan tersebut akan berkomunikasi dengan para pimpinan partai yang sudah memiliki kursi di DPRD Pamekasan. Setelah itu, tinggal penetapan pimpinan dan anggota fraksi yang sudah diusulkan dari partai politik.

“Yang pertama akan dimulai, dengan akan meminta ke partai-partai tentang susunan pengurus fraksi yang diajukan kepada DPRD,” ungkapnya.

Imam yang ditunjuk dalam rapat istimewa DPRD Pamekasan pada 21 Agustus 2019 itu, akan segera membahas tata tertib (tatib) DPRD Pamekasan, karena dimungkinkan ada perubahan dari tatib sebelumya. Tatib tersebut, yang akan menjadi acuan legislatif dalam menjalankan aktivitasnya.

“Tatib DPRD bisa saja diubah, tapi kalau ingin melanjutkan yang lalu, tidak masalah,” tukasnya.

Dengan begitu, perlu dibentuk pantia khusus (pansus) untuk  mengotimalkan pembahasan tatib DPRD. Anggota pansus itu, nantinya akan kembali meminta kepada masing-masing fraksi yang telah terbentuk.

Setelah runutan tersebut rampung,  baru dipilih pimpinan DPRD defintif yang secara resmi akan mempimpin DPRD Pamekasan selama lima tahun ke depan. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *