Pinjaman Rp13 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Tanah Merah Kabupaten Bangkalan

(FOTO : KM/FATHURROHMAN) PEMBENAHAN: Warga berharap Pasar Tanah Merah, Bangkalan segera dioperasikan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Revitalisasi Pasar Tanah Merah, Bangkalan membutuhkan anggaran sebesar Rp13 miliar. Dana tersebut akan diambilkan dari pinjaman pemkab ke Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) sebesar Rp100 miliar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan Roosli Soelihajono, Selasa (1/3/2022).

Menurutnya selain untuk revitalisasi sebelah selatan,  anggaran Rp13 miliar juga akan dimanfaatkan untuk penyelesaian pembangunan pasar di sisi utara. Sehingga, pasar tradisional tersebut bisa segera dioperasikan. Atas dasar itulah, instansinya memanfaatkan dana pinjaman pemkab terhadap Kemenkeu RI.

“Jadi kami memang berharap adanya dana itu (pinjaman red), karena sudah jelas anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sudah tidak mampu. Informasi yang kami terima, pengajuan pinjaman ke Kemenkeu belum disetujui. Semoga saja segera disetujui dan bisa cair tahun ini. Kalau tidak, kemungkinan ditunda realisasinya,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Bangkalan Taufan Zairinsjah menjelaskan, pengajuan  pinjaman hingga saat ini belum membuahkan kepastian dari Kemenkeu. Meski demikian, pihaknya tetap intens berkoordinasi dengan Kemenkeu. Bahkan berharap, segera ada kejelasan mengenai pengajuan pinjaman tersebut.

“Koordinasi sudah kami lakukan, sekarang masih menunggu disetujui atau tidak. Kalau tidak disetujui, kemungkinan akan ada penyesuaian anggaran untuk beberapa program,” responnya.

Sekedar diketahui, pengajuan pinjaman dana terhadap Kemenkeu dilakukan pada bulan Agustus 2021 lalu. Anggaran tersebut akan digunakan untuk empat organisasi perangkat daerah (OPD). Masing-masing, Disdag, Dinas Kesehatan (Dinkes), Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu.

Reporter: KM63

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.