PJ Gunung Eleh-Batuporo Sampang, Tunggu Pemenang Tender

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) SEGERA: Kades Gunung Eleh pastikan bulan Juli perbaikan jalan di desa setempat akan segera dilakukan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN, KEDUNGDUNG-Warga Desa Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang, menanyakan kepastian perbaikan jalan (PJ) penghubung ke Batuporo Timur. Sebab, ada rencana perbaikan tahun ini. Hanya saja, belum ada kepastian mengenai realisasinya meski kondisi jalan sudah rusak parah.  Bahkan, sudah melakukan pertemuan dengan kepada desa (kades) mengenai perbaikan jalan tersebut.

Hasilnya, hanya mengetahui jika bentuk perbaikan jalan berupa betonisasi. Sedangkan, perbaikan secara menyeluruh akan dilakukan secara bertahap. “Kami disini bersama masyarakat lainnya butuh kepastian, kapan perbaikan jalan ini mulai dikerjakan, apalagi kondisi jalan sangat rusak,” tutur, Abu Bakrin warga setempat, Kamis (17/6/21).

Menanggapi keluhan tersebut, Kades Gunung Eleh Akhmad Muhtadin menyampaikan, perbaikan jalan penghubung Desa Gunung Eleh-Batuporo Timur sudah ada kepastian. Saat ini, masuk tahapan lelang di lembaga pengadaan secara elektronik (LPSE). Sehingga,  dalam waktu dekat mulai dikerjakan.

Menurutnya, panjang jalan yang akan diperbaiki sekitar 1,6 km. Sedangkan, panjang total jalan mencapai 6 km. Sisanya bertahap. Bahkan, akan ada dua sumber dana untuk melakukan perbaikan jalan tersebut. Pertama, bersumber dari dana alokasi umum (DAU) dan pagu indikatif kewilayahan (PIK) kecamatan.

“Yang bersumber dari DAU sekarang sudah tinggal menunggu surat perintah kerja (SPK). Untuk yang PIK bulan berikutnya. Jadi, maksimal Juli ini yang dari DAU sudah mulai dikerjakan, syukur-syukur bulan Juni sudah bisa dimulai,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, perbaikan jalan tersebut terakhir dilakukan pada tahun 2017 lalu dengan bentuk lapen. Untuk saat ini, akan dibetonisasi. Sehingga, kualitasnya lebih kuat. Namun, sebelum dibetonisasi kondisi jalan rusak akan ditambal sulam atau pemerataan terlebih dahulu. Kendati demikian, perbaikan jalan sering diajukan ke pemerintah daerah, tetapi baru terealisasi tahun ini.

“Tahun kemarin sudah mulai dibetonisasi, cuma panjangnya 600 meter dari arah timur. Dengan ini, saya harap dua program dari DAU dengan pagu anggaran Rp3,4 miliar dengan panjang 1,6 km serta PIK dengan pagu anggaran Rp6,9 miliar itu segera terealisasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) PUPR Sampang Hasan Mustofa membenarkan, perbaikan jalan penghubung di Desa Gunung Eleh-Batuporo Timur akan segera dikerjakan. Hanya saja, untuk kepastiannya realisasi pekerjaan belum bisa dipastikan. “Saat ini sudah tahapan evaluasi lelang di LPSE. Yang jelas, dalam waktu dekat ini bisa direalisasikan, karena sekarang masuk tahapan lelang. Jadi, tinggal menunggu pemenangnya saja,” jelasnya.  (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *