oleh

PKB: Pengisi Posisi Wabup Pamekasan Harus Miliki Kepribadian Mirip Raja’e

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-PartaiGerindra merekomendasikan  Taufiqurrahman untuk mengisi kursi wakil bupati (wabup) Pamekasan yang kosong. Rekomendasi terhadap ketua DPC Partai Gerindra Pamekasan tersebut, turun dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur.

Partai berlambang garuda ini memiliki hak untuk merekomendasikan nama pengganti Wakil Bupati Pamekasan Raja’e yang wafat pada akhir Desember 2020 lalu. Sebab, merupakan salah satu pengusung pasangan Berbaur (Bupati Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja’e) dalam Pilkada 2018 lalu.

Terdapat empat partai pengusung Berbaur, antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra.

Jika Gerindra merekomendasikan Taufiqurrahman, PKB masih sibuk menentukan kriteria pengganti Raja’e.

Menurut Taufiqurrahman, usulan sekaligus rekomendasi namaitu sudah mendapatkan restu dari ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur. Alasannya, dirinya dianggap mampu menduduki posisi itu. Kendati demikian, nama tersebut masih belum disepakati partai pengusung lainnya.

“Ada beberapa nama yang diusulkan pengurus,tapi yang lain masih aktif di dewan (legislatif Pamekasan, red), akhirnya tidak ada lain, yang diusulkan adalah saya,”paparnya, Senin (16/2/2021).

Dukungan itu membuatnya percaya diri, apalagi jika seluruh kader Partai Gerindra turut mendukungnya. Bahkan jika dipercaya sebagai wabup Pamekasan, sangat siap mengemban amanah itu.

“Secara kesepakatan partai pengusung masih belum ada keputusan, kami masih lobi-lobi, dan prosesnya masih panjang,”urainya.

Sementara soal kriteria yang sedang dibahas DPC PKB Pamekasan, Ketua DPC PKB Pamekasan, Ali Wafa Subki, mengusulkan beberapa syarat kepatutan, antara lain adalah orang yang berjuang di pilkada.

Selain itu, memilikitipe ideal pribadi seperti mendiangRajae, yakni sejuk, kalem, tidak reaktif dan tidak kontroversif. Kriteria selanjutnya, memberikan rasa aman dan nyaman saat bersanding dengan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Kemudiankeempat, mampu menjadi penyeimbang untuk mensukseskan visi misi Berbaur. Terakhir, menjadi solusi untuk partai koalisi, bukan politik transaksional.

“Tentunya dari semua partai koalisi sudah memiliki usulan, jadi kami mencoba untuk tetap menjaga kebersamaan itu dan membahas kriterianya. Bahkan kriteria itu sudah disampaikan dipartai koalisi, semoga ini menjadi solusi terbaik untuk segera mengerucutkan nama,” beber Ali.

Sejatinya, imbuh Ali, DPC PKB Pamekasan sudah membahas nama-nama yang dianggap layak untuk diusulkan dan memenuhi kriteria tersebut, tetapi belum ada keputusan yang konkret.

“DI PKB sudah ada pembahasan, beberapa nama-nama, tetapi belum mengerucut,”pungkasnya. (rul/waw)

 

 

Komentar

News Feed