PKS Sumenep Bidik Lima Bacabup untuk Diusung

  • Whatsapp
LOBI-LOBI: PKS usung kadernya untuk cawabup di Pilkada Sumenep 2020, sedangkan untuk cabupnya membidik lima tokoh dari eksternal.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Setelah melakukan rapat koordinasi di internalnya, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumenep membidik lima nama untuk diusung sebagai calon bupati.

Lima nama itu bukan kadernya sendiri. Sebab, PKS sebelumnya sudah mengajukan salah satu kadernya untuk diusung sebagai calon wakil bupati (cawabup).

Ketua Umum DPD PKS Sumenep Rimbun Hidayat menuturkan, hal itu berdasarkan pemetaan yang dilakukan beserta kepengurusan di seluruh kecamatan. Dalam rapat itu juga membahas kepastian kekuatan PKS untuk bertarung di pilkada tahun ini.

“Pada rapat itu kami pastikan dengan para pimpinan setiap kecamatan itu, seperti apa kekuatan kami, dan dari ini kami mempunyai sinyal kuat, meskipun sampai saat ini masih masuk pada tahap koordinasi dengan beberapa calon,” katanya, Minggu (26/1/2020).

Menurut Hidayat, terdapat 9 nama calon bupati (cabup) yang sudah sering terdengar di berbagai media. PKS sudah mendapatkan respon positif setelah melakukan komunikasi dengan sejumlah nama-nama tersebut.

Nama-nama yang menurut PKS memiliki elektabilitas tinggi, di antaranya Fattah Jasin yang telah mendaftar di PKB dan PPP, Malik Efendi yang resmi diusung Partai Amanat Nasional (PAN), politisi PDIP Achmad Fauzi, politisi PKB Unais Ali Hisyam, Azasi Hasan, Achmad Yunus, politisi PPP Muhammad Shalahuddin A. Warits, Donny M Siradj dan mantan wakil bupati Sumenep, Soengkono yang juga ketua DPC Partai Demokrat.

“Dari penjaringan nama tersebut, PKS sudah menyeleksi dan menemukan lima nama yang sinyalnya kuat, yaitu Fattah Jasin, Achmad Fauzi, Unais Ali Hisyam, Malik Efendi, dan terakhir Soengkono, nama-nama tersebut berdasarkan survei internal cukup bagus hasilnya,” imbuhnya.

Meskipun tidak ada penunjukan terhadap kadernya, kata Hidayat, PKS memantapkan untuk bergabung dalam mengatur pemenangan pertarungan politik pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020 ini

Dengan sinergitas di internal partai itu, pihaknya optimistis, pemilik kursi dua kursi di legislatif Sumenep ini akan mempunyai peranan penting dalam kompetisi politik itu.

Sementara dari kadernya, PKS sudah menyeleksi 3orang untuk maju sebagai calon wakil bupati (cawabub).  Namun tidak akan dipaksakan untuk masuk jika sudah tidak memungkinkan, tetapi kepastian untuk berkoalisi tidak akan dikandaskan.

“PKS intinya harus benar-benar berkontribusi terhadap pemenangan calon, meski tidak harus dengan kader sendiri, yang terpenting PKS harus menjadi bagian yang membengkaan,” pungkasnya. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *