PKW Miftahul Ulum Siap Orbitkan 20 Pengusaha Tata Rias

(FOTO: KM/ALI WAFA) ORBITKAN WIRAUSAHA BARU: PKW tata rias pengantin diikuti oleh 20 orang peserta untuk melahirkan pengusaha baru.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW). Salah satu di antaranya pelatihan tata rias pengantin yang berlokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahul Ulum, Kecamatan Kadur.

Ketua Penyelenggara PKW tata rias pengantin Jam’an menjelaskan, PKW tersebut diikuti oleh 20 orang peserta. Peserta tersebut merupakan masyarakat yang sedang mencari pekerjaan. Sebelumnya, dilakukan seleksi dan calon peserta harus memenuhi beberapa indikator. Dia sendiri mengaku ditunjuk sebagai penyelenggara oleh Kemendikbud.

“Kemarin saya baru datang dari Jakarta,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pelatihan tata rias pengantin itu dilaksanakan selama tiga bulan, sejak 27 Agustus sampai 27 November 2021. Selain itu,  Kabar Madura merupakan media partner dalam PKW tersebut. Tidak hanya itu, perbankan juga ikut menjalin kerja sama untuk penyediaan modal. Dia sendiri telah memiliki usaha tata rias pengantin sejak tahun 2006. Pelatihan dilaksanakan secara bertahap.

Selain tata rias pengantin, peserta juga dilatih tata rias baju adat untuk keperluan acara-acara adat seperti karnaval. Mereka dilatih agar memiliki kemampuan agar kemudian menjadi pengusaha. Untuk itu, peserta mendapatkan materi kewirausahaan. Pada pertemuan pertama peserta mendapat orientasi materi pembelajaran yang meliputi pengertian kewirausahaan dan karakteristik wirausahawan.

Peserta juga diajari tentang cara mengidentifikasi jenis kulit dan bentuk wajah. Selain itu, juga diajari cara mendirikan usaha dan cara melakukan rekrutmen tenaga kerja. Dengan PKW tersebut diharapkan dapat melahirkan lapangan kerja sehingga dapat berorientasi pada kesejahteraan masyarakat dan dapat membantu mengentaskan kemiskinan.

“Ada beberapa instruktur yang memberikan materi kepada semua peserta,” ucap Jam’an.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan