PLN Kerahkan Ratusan Petugas dengan Peralatan Canggih dan Alat Berat, Percepat Upaya Pemulihan Gangguan Listrik Madura

News, Headline102 views

KABARMADURA.ID | Madura, 6 Februari 2023 – Hingga Senin dini hari pukul 00.26 WIB, personel PLN terus berjibaku di seputaran lokasi yang disinyalir merupakan titik-titik gangguan. Ratusan petugas dikerahkan menggunakan peralatan canggih dan alat berat untuk mempercepat upaya pemulihan gangguan jaringan listrik Madura. Beberapa alat canggih digunakan, seperti alat uji frekuensi rendah pada kabel tegangan tinggi (HV test VLF), alat tes suhu dengan teknologi infrared (thermovision), eskavator, crane, mesin drilling dan alat penyambung kabel tegangan tinggi (jointer). Sepanjang malam, petugas PLN tampak menyusuri jaringan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 KV Ujung-Bangkalan yang terletak sepanjang jembatan Suramadu.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) telah mengerahkan 262 personel yang terdiri dari personel pemeliharaan, konstruksi, engineering dari berbagai lintas unit percepat penanganan gangguan SKTT 150 KV Ujung-Bangkalan yang terjadi sejak (3/2) lalu. Tahapan demi tahapan dilalui selama 24 jam penuh tanpa henti dengan metode shift agar proses pemulihan berjalan efektif dan efisien.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

“Kami melakukan pengecekan jaringan dengan panjang total 28,14 kilometer yang terdiri dari Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Jaringan SKTT. Personel dilengkapi dengan peralatan berat dan alat uji untuk mendeteksi gangguan, melakukan pembongkaran hingga mobilisasi material,” terang Manager PLN UP3 Pamekasan, Feri Asmoro.

Baca Juga:  Polres Pamekasan Terkesan Setengah Hati Usut Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis, Empat Tahun Belum Ada Tindak Lanjut

Jaringan yang disisir terdiri dari 3 kontruksi yaitu jaringan udara SUTT 150 kV Bangkalan-Ujung sepanjang 19,4 kms, jaringan bawah tanah SKTT 150 kV Bangkalan-Ujung sepanjang 8,8 kms dan jaringan SUTT Ujung-Bangkalan 15 tower sepanjang 4,45 kms.

Sebelumnya, PLN telah berkoordinasi dengan (Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Jawa Timur) BBPJN terkait perijinan dan pengalihan arus, agar tidak mengganggu lalu lintas di Jembatan Suramadu. Feri menambahkan upaya penanganan hingga pemulihan gangguan ini memakan waktu yang tidak sebentar dikarenakan tahapan demi tahapan panjang yang harus dilalui.

Upayakan Madura tetap terang, PLN pun telah mengerahkan 96 genset mobile dari berbagai Unit PLN se-Jawa Bali dan 12.295 unit lampu yang didistribusikan di lokasi vital seperti rumah sakit, puskesmas, kantor polisi, koramil, masjid, pondok pesantren, dan fasilitas-fasilitas penting layanan masyarakat lainnya.

Baca Juga:  PLN Kerja Siang Malam, Akhirnya Temukan Sumber Gangguan Listrik Madura

“Kami akan terus memberikan update informasi pemulihan gangguan kepada stakeholder dan masyarakat Madura. Mohon dukungannya agar pekerjaan berjalan lancar dan selesai lebih cepat dari estimasi yang telah ditentukan,” ungkap Feri.

Memberikan dukungan penuh, Bupati Sampang Slamet Junaidi mengapresiasi PLN yang aktif menjelaskan mengenai gangguan hingga update informasi penanganan secara berkala.

“Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan para stakeholder khususnya di Kabupaten Sampang untuk bersabar dan berdoa yang terbaik agar PLN dimudahkan dalam bekerja sehingga listrik untuk Pulau Madura pulih seperti semula,” paparnya ketika ditemui pada Sabtu (4/2).

Lebih lanjut bila masyarakat melihat adanya potensi gangguan listrik, dapat melaporkan langsung kepada PLN melalui Fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile.

*Narahubung*

Manager PLN UP3 Pamekasan

Feri Asmoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *