PMI yang Pulang ke Sumenep Tercatat hanya 250 Orang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) BERBEDA: PMI tidak sama dengan pemudik, tetap boleh pulang kapan saja.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Proses kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Bandara Internasional Juanda Surabaya sudah dimulai sejak 27 April 2021. Dari 4.492 se-Jawa Timur (Jatim), yang tercatat pulang ke Sumenep hanya 250 orang.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Sumenep, Mohammad Zaini menyampaikan, seluruh PMI yang tiba di Surabaya langsung dikarantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya selama dua hari sebelum dikembalikan ke daerah asal masing-masing.

Bacaan Lainnya

Saat tiba di Asrama Haji Surabaya, seluruhnya discreening dengan swab antigen. Namun bagi PMI yang terdeteksi terinfeksi Covid-19, maka diisolasi dan menerima perawatan di RS Darurat Lapangan Indrapura Surabaya.

“Tetapi yang dari Sumenep tidak ada yang dinyatakan positif, maka kami tetap memberikan fasilitas ketika sampai di Sumenep. Ada sekitar 250 PMI yang sudah sampai,” kata Zaini, Senin (10/5/2021).

Dia menambahkan, di kabupaten berjuluk Kota Keris ini, PMI langsung diisolasi di SKB yang tempatnya di Kecamatan Batuan. Hal itu sebagai upaya memfilter para tenaga kerja yang berasal dari luar negeri dari wabah Covid-19.

Menurutnya, status PMI berbeda dengan perantau di internal Indonesia sendiri. Artinya, bagi mereka (PMI) tidak ada larangan mudik hingga hari raya Idul Fitri. Sebab ketika sampai ke Indonesia maka harus melalui protokol kesehatan (prokes) yang jelas.

“Ketika sudah diisolosi mandiri maka mereka dikawal oleh patwal dari Surabaya itu. Berbeda dengan yang merantau di Jakarta atau daerah lain di Indonesia kalau mereka kan tidak bisa mudik,” imbuhnya.

Kurang lebih 15 ribu PMI yang bakal masuk Jatim, tetapi data validnya ketika PMI sudah pulang baru terdata, terkhusus yang akan pulang ke kabupaten paling timur Pulau Madura ini. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *