oleh

PMR SMAN 2 Pamekasan Wajibkan Anggotanya Donor Darah

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Palang Merah Remaja (PMR), salah satu kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Negeri (SMAN) 2 Pamekasan, mewajibkan anggotanya rutin donor darah setiap 3 bulan. Kini, 75 orang  siswa SMAN 2 Pamekasan tergabung dalam kegiatan ekstrakulikuler ini.

Sebagai salah satu ekstrakurikuler sekolah, Ketua PMR SMA N 2 Pamekasan Oktavia Isnaini Kusnato menyampaikan bahwa lebih banyak bersentuhan dengankegiatan sosial dengan kekhususan menjadi kader Palang Merah Indonesia (PMI) sebagaimana prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

“Yang pasti rutin adalah donor darah setiap 3 bulan. Untuk saat ini, kami ikut terlibat  memberikan sosialisasi tentang protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19,” ungkap Oktavia.

PMR SMAN 2 Pamekasan juga mendapatkan alokasi anggaran dari pihak sekolah. Namun, dana yang tersedia dari pihak sekolah belum cukup untuk memenuhi pembiayaan kegiatannya yang beragam.

“Sebagian ada dari sekolah, kadang kita dari anak-anak iuran. Tapi 90 persen itu sudah dari sekolah, iurannya bebas tidak mengikat, kadang kalau punya ya dikasih, kalau nggak ada ya nggak apa-apa yang pentig tenaganya, ada yang Rp2 ribu, Rp5 ribu, dan paling banyak Rp10 ribu,”ungkap Pembina PMR SMA N 2 Pamekasan Bhudi Kusjanto, Ahad (28/6/2020).

Bergerakdalam bidang kegiatan sosial di bidang kesehatan, menjadikan anggota PMR biasa berhubungan dengan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Namun bukan sebatas itu, namun juga aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan seperti penanaman pohon.

Di tengah wabah Covid-19, mereka juga tetap aktif berkegiatan, namun sudah tidak ilakukan dengan tatap muka langsung. Kendati begitu, tidak menyurutkan semangat setiap anggota PMR SMAN 2 Pamekasan untuk berkegiatan.

Mereka kini lebih sering diskusi secara daring, mulai dari sharing tentang ke-PMR-an hingga membahas tentang planning selanjutnya ketika diterapkan new normal pendidikan.(rul/bri/waw)

 

Komentar

News Feed