Pohon Tumbang Timpa Gedung Koperasi Pondok di Sampang

(FOTO: KM/Ist) BERBAHAYA: Pohon besar tumbang akibat angin kencang di Kecamatan Camplong Sampang mengakibatkan rusaknya bangunan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Allam. .

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Angin kencang disertai hujan lebat mengakibatkan pohon besar tumbang di Kecamatan Camplong. Akibatnya, batang pohon menimpa salah satu bangunan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Allam Dusun Langger Temor Desa Prajjan Kecamatan Camplong Sampang, Senin (29/11/2021).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya satu orang mengalami luka ringan. Sebab dalam bangunan nyaris tidak ada orang saat kejadian.

Pengasuh Ponpes Nurul Allam KH. Abdul Walid mengungkapkan, terjadinya  pohon tumbang pada dini hari sekitar pukul 02.30. Saat itu semua santri masih istirahat. Kemudian terdengar suara bergemuruh.

“Setelah kami lihat ternyata pohon besar di sekitar pondok roboh. Beruntung tidak ada santri yang menjadi korban,” ujarnya.

Seandainya pohon tersebut tumbang di siang hari, maka banyak santri yang akan terluka tertimpa batang pohon. Sebab bangunan yang ditimpa gedung koperasi pondok. Setelah diperiksa, hanya ada satu santri yang terkena serpihan atap gedung saat kejadian.

Santri itu mengalami luka memar. Sehingga langsung dilarikan ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

  1. Abdul Walid mengatakan, pohon tidak hanya merusakkan bangunan koperasi. Namun sejumlah fasilitas lain juga rusak. Termasuk aliran listrik. Bahkan sampai siang hari listrik masih padam. “Kami sudah peringatkan santri sebelumnya untuk waspada,” paparnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang Asroni mengaku, sudah mendapatkan informasi tersebut pasca kejadian. Sehingga langsung ke lokasi melakukan pengamanan. Termasuk membersihkan puing-puing pohon dan material bangunan.

“Kami langsung bergerak cepat. Kami kesana membantu mengamankan pohon, karena khawatir semakin menimpa gedung dan lebih berbahaya,” ucapnya saat dikonfirmasi.

Dia menghimbau masyarakat tetap waspada. Sebab prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angin kencang akan terus terjadi. Terutama di wilayah longsor. Seperti di Kecamatan Robatal dan Kecamatan Jrengik.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan