oleh

Poktan Dapat Bantuan Pengadaan Sapi Rp560 Juta

KABARMADURA.ID, Sampang – Tahun ini sejumlah kelompok tani (poktan) akan mendapatkan bantuan sapi. Anggarannya cukup fantastis mencapai Rp560 juta. Anggaran tersebut berasal dari dana alokasi umum (DAU). Bantuan itu akan disalurkan kepada Dinas Pertanian (Dispertan) Sampang.

Informasi yang dihimpun Kabar Madura, bantuan itu akan disalurkan ke beberapa poktan. Namun, identitas sejumlah poktan belum jelas. Dipastikan, program tersebut akan dilakukan akhir tahun, dan saat ini pengadaan sapi masih dalam proses lelang.

Hasil penelusuran dari sumber terpercaya, bahwa program ini diajukan sejak tahun 2018 lalu. Namun, pada tahun 2019 tidak bisa digelar akibat tidak ada anggaran. Akhirnya program yang sebelumnya melekat di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sampang itu dialokasikan melalui Dispertan setempat.

Dalam program ini, khususnya pengadaan sapi, Dispertan Sampang mengalokasikan anggaran senilai Rp 560.000.000. Namun, nilai HPS paket tertulis Rp 559.000.000 melalui APBD tahun 2020. Dana itu akan dibelanjakan sebanyak 40 ekor yang disebar kepada poktan yang sudah terdaftar namanya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Sampang, Suyono membenarkan, jika program ini sempat melekat di Bappeda. Namun, sejak tahun lalu, program ini dialokasikan melalui lembaganya.

“Kami sebagai pelaksana saja. Sebab ini dialokasikan lewat Bappeda tapi belum ada anggaran,” ucapnya.

Diungkapkan, jika anggaran akan dibelanjakan sapi betina. Sehingga poktan yang sudah ditunjuk sebagai penerima akan mendapatkan sapi betina. Yakni, sapi madrasin yang merupakan hasil persilangan antara sapi madura dengan sapi limosin.

“Sepertinya satu kelompok akan mendapatkan bantuan sepuluh ekor sapi. Sampai saat ini belum ada perkembangan. Sampai sekarang belum ada laporan,” ucapnya.

Disinggung soal pengawasan? Suyono akan tetap melakukan pemantauan. Mulai dari harga sapi, kesehatan sapi. Sehingga, ukuran sapi pun akan dipantau. Mulai dari tinggi badan sapi dan sejumlah persyaratannya harus terpenuhi. (km54/mam)

Komentar

News Feed