Polres Sosialisasikan Warna Plat Mobil Akan Berubah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/SUBAIDI) IPDA JUNAIDI: Kepala Unit Registrasi Identifikasi (Kanit Regident) Polres Sumenep

KABARMADURA.ID, SUMENEP- Warna Plat nomor kendaraan direncanakan akan berubah. Jika semula warna latar plat nomor kendaraan pribadi berwarna hitam, tahun 2022 nanti akan berubah warna menjadi putih. Perubahan itu berdasar pada peraturan kepolisian (Perpol) No.7 THN.2021.

Kapolres Sumenep melalui Kepala Unit Registrasi Identifikasi (Kanit Regident) Polres Sumenep, Ipda Junaidi, menjelaskan langkah perubahan latar warna plat nomor tersebut sebagai langkah penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau tilang dengan bukti pelanggaran yang terekam kamera CCTV.

Bacaan Lainnya

“Berubahnya plat nomor dari warna hitam ke putih disinkronkan atau untuk mempermudah adanya program tilang elektronik, kalau malam kan jika dasarnya hitam tidak bisa kelihatan, kalau putih jelas ditangkap kamera,” kata pria asal Kecamatan Pademawu Pamekasan itu. Kamis (24/6/2021).

Meski perubahan akan mulai diberlakukan tahun 2022 mendatang, Polres Sumenep mulai getol mensosialisasikan perpol  N0 7 THN 2021 tersebut. Ipda Junaidi menguraikan, sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan berbagai sarana, termasuk melalui layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) maupun surat-surat yang lainnya.

“Kami juga akan mensosialisasikan ke kecamatan-kecamatan. Karena plat nomor yang berubah warna saat terkena cahaya di malam hari, mudah terdeteksi dan itu berhubungan dengan e-Tel,” urai Junaidi.

Warna plat putih memang akan memudahkan pemantauan melalui kamera CCTV yang terintegrasi. Kamera tersebut rencananya  akan dipasang pada titik tertentu untuk merekam plat nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran. Berdasarkan kajian polisi warna dasar plat nomor hitam akan menyulitkan perekaman sehingga ada kemungkinan warna dasar tersebut akan diganti.

“Terutama di wajib pajak terutama di samsat, nanti akan dilanjutkan ke kecamatan-kecamatan sosialisasinya, tidak lain tujuannya agar pengendara lebih terjamin keamanannya,” imbuhnya.

Namun bagi yang sudah ganti plat nomer tidak usah khawatir untuk merubah, sebab akan ditoleransi hingga perpanjangan plat nomor selanjutnya.

“Bagi yang sudah maka ketika perpanjang plat nomor baru diganti dengan yang baru, biasa setelah lima tahun sekali,” pungkasnya. (ara/bri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *