oleh

Polsek Sukolilo Temukan Anak Berkebutuhan Khusus

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Polisi Sektor (Polsek) Sukolilo, Bangkalan menerima laporan dari warga Desa Jukong adanya anak terlantar yang berkebutuhan khusus. Dengan sabar dan telaten anggota kepolisian yang bertugas di lokasi tersebut langsung menjemput dan menanyakan identitas anak.

Dengan sigap anggota Polsek Sukolilo Aipda Yusuf Sutikno dan Brigpol Ilham Haruna terlihat langsung responsif dengan mendata dan mencari informasi yang salah satunya melalui media sosial. Akhirnya diketahui identitas dari anak tersebut. Alhasil dari usaha tersebut anak itu diketahui bernama Samsul Aripin dengan alamat Jalan Rembang Selatan nomor 51 Surabaya.

Kronologisnya, Pada hari Minggu (22/11/2020) sekira pukul 16.30 WIB, telah datang ke Polsek Sukolilo warga masyarakat dan pemuda Desa Jukong, Labang melaporkan bahwa ditemukan seorang anak dengan keterbelakangan mental. Diketahui anak tersebut bernama Samsul Arifin (12thn).

Menurut keterangan warga anak tersebut diturunkan dari kendaraan roda empat yang tidak diketahui nomor platnya dengan membawa sepeda angin. Pada saat itu kondisi cuaca selesai hujan deras.

“Kami juga sempat kesulitan berkomunikasi mengingat anak tersebut mengalami keterbelakangan mental,” Ujar Aipda Yusuf Sutikno.

Selanjutnya dia berusaha mengambil foto anak tersebut dan meminta masyarakat untuk di informasikan ke sanak famili atau keluarga. Bahkan dia juga meminta bantuan teman-teman Karang Taruna Desa Bae’ngas agar anak tersebut bisa bertemu orang tuanya lagi.

“Selang kurang lebih 15 menit kami dihubungi oleh pemuda Desa Ba’engas bahwasannya anak tersebut sudah diketahui identitasnya,” ungkapnya.

Menurut keterangan Ulfah (52thn) Ibu kandung Samsul, anak tersebut meninggalkan rumah atau terpisah dari orang tuanya sejak pagi hari sekitar pukul 10.00 siang. Dimana Samsul Arifin semula ingin membeli jajan. Kata Aipda Yusuf, ayah dari Samsul Arifin sudah meninggal dunia sejak kecil.

“Ibunya berprofesi sebagai tukang kebun atau bersih bersih di sebuah sekolahan dan Kantor Balai RW di wilayah Surabaya tepatnya di Jl Dupak Baru 2 RT 03 RW 05 nomor 44 Kota Surabaya,” jelasnya.

Usai diketahui identitas anak tersebut, dia juga meminta bantuan warga dan pemuda yang ada di Surabaya terutama yang  dekat tempat tinggalnya dengan orang tua Samsul Arifin, supaya bisa berkomunikasi bahwa Samsul Arifin sudah diketemukan dan bersama pihaknya dalam keadaan sehat.

“Melalui via video call, alhamdulillah Samsul Arifin bisa berkomunikasi dengan ibunya yang pada saat itu dalam keadaan shok. Kami menyampaikan kepada ibu dari Samsul Arifin untuk tenang dan sabar, kami akan antar pulang,” lanjutnya.

Sekira pukul 18.30 WIB, dia beserta anggota Brigpol Ilham mengantar anak tersebut ke rumahnya. Anak tersebut di dalam perjalanan terus memanggil-manggil ibunya. Sesampainya Surabaya di sana warga dan tokoh masyarakat serta orang tua Samsul Arifin menunggu kedatangannya.

“Kami sangat merasa kasihan dan iba melihat keadaan orang tua dan Samsul Arifin. Selanjutnya kami menyerahkan Saudara Samsul Arifin kepada orang tuanya disaksikan RT, tokoh masyarakat  dan warga sekitar,” pungkasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed