oleh

Poltera Dorong Pemanfaatan Roboboat Pembersih Sungai

Kabarmadura.id/Sampang-Dosen Politeknik Negeri Madura (Poltera) yang tergabung dalam program pengabdian kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Sampang.

Dalam kegiatan itu, dosen Poltera mendorong implementasi roboboat pembersih sampah sungai, khususnya sungai yang berada di Desa Banyumas, Kecamatan Sampang yang menjadi sasaran kegiatan program pengabdian tersebut.

Arief Syarifudin S.T., M.T, salah satu dosen Poltera yang juga merupakan anggota dari tim pembuat roboboat pembersih sampah sungai menerangkan, berdasarkan data yang dikantonginya, kondisi sungai yang ada di Kabupaten Sampang sangat memperihatinkan.

Banyak tumpukan sampah yang mencemari sungai. Bahkan, kondisi sungai Kali Kamuning yang terdapat di Desa Banyumas, terlihat sangat memperihatinkan dengan banyaknya tumpukan sampah yang tak kunjung teratasi secara maksimal.

Melihat kondisi itu, pihaknya berupaya membuat terobosan dengan menciptakan roboboat pembersih sampah sungai, untuk menanggulangi persoalan sampah di aliran sungai yang dapat menyebabkan bencana bancir tersebut.

“Kami (dosen Poltera, red) melalui program pengabdian kepada masyarakat, membuat suatu alat atau suatu prototype yang dinamakan roboboat untuk kapal pembersih sampah sungai dengan sistem kontrol jarak jauh,” terangnya, Selasa (29/10)

Lanjut Arief, dengan dibantu beberapa mahasiswa Poltera, pihaknya berjanji akan mengembangkan prototype alat pembersih sampah sungai itu, menjadi roboboat pembersih sampah sungai dengan kapasitas yang lebih besar dan lebih baik.

“Kami harap, masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan sungai dari sampah, semoga dengan implementasi roboboat pembersih ini, sungai-sungai di Kota Bahari dapat terjaga dan terjamin kebersihannya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Islam (Yaspi) As-Salam H. Hadrawi berharap, setelah diadakannya kegiatan pengabdian dosen yang melibatkan siswanya, terobosan dengan menciptakan roboboat pembersih sampah sungai dapat menjadi solusi untuk membersihkan sampah-sampah di sungai Kali Kamuning di Desa Banyumas.

“Kami harap, implementasi roboboat ini menjadi solusi yang solutif dalam mewujudkan kondisi sungai Kali Kamuning tetap bersih, karena persoalan sampah sudah teratasi dengan hadirnya roboboat pembersih ini,” tuturnya. (sub/pin)

Komentar

News Feed