Poltera Kukuhkan Ratusan Bibit Mahasiswa Berprestasi

  • Whatsapp
(FOTO: Poltera for KM) MERIAH: Poltera kukuhkan ratusan mahasiswa baru secara offline dan online dengan konsep protokol kesehatan, Selasa (31/8/2021).

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Masa wabah Covid-19 tidak menyurutkan komitmen Politeknik Negeri Madura (Poltera) dalam mengukuhkan ratusan mahasiswa baru tahun 2021. Calon-calon mahasiswa berprestasi itu dikukuhkan secara offline dan online.

Pelaksanaan pengukuhan 282 mahasiswa baru dilakukan dengan konsep penerapan protokol kesehatan (protkes). Yakni sebanyak 40 perwakilan mahasiswa baru dikukuhkan secara offline. Sementara sisanya dikukuhkan secara luring. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Direktur Poltera, Dr. Arman Jaya, S. T., M. T.

Dalam pengukuhan ala protkes itu, mahasiswa baru yang didatangkan langsung secara luring sebanyak 25 persen. Poltera sengaja menggelar pengukuhan dengan ruangan terbatas, yakni di Bengkel Tenaga Politeknik Negeri Madura.

Panitia juga secara khusus menyediakan zoom meeting dengan kapasitas 500 orang kepada mahasiswa baru. Sementara di lokasi pengukuhan juga diatur sesuai aturan protkes. Seperti pemberian jarak antar kursi mahasiswa baru, penyediaan sarana cuci tangan, pembatasan peserta, penggunaan masker dan penggunaan hand sanitizer. Termasuk pengaturan kerumunan peserta dan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 hadir dalam kegiatan.

Direktur Poltera, Dr.  Arman Jaya, S. T., M. T mengaku bangga. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, mahasiswa baru Poltera di Sampang berasal dari banyak daerah dan bukan hanya di Madura saja. Menurutnya, hal itu merupakan indikator pertumbuhan student body Poltera lebih luas dan beragam. Sebagai kontribusi terhadap peningkatan pendidikan di Indonesia.

“Lulusan Poltera dikenal sebagai lulusan yang produktif, berdaya saing dan mempunyai nilai moral tinggi. Terbukti dengan banyaknya lulusan yang berhasil diterima di banyak industri dan juga melanjutkan studi di luar negeri,” ucap Dr.  Arman Jaya, S. T., M. T.

Dikatakan, kreativitas mahasiswa baru sekarang ini diuji. Diimbau mengurangi kreatifitas karena harus membatasi pertemuan lantaran harus menerapkan protkes ketat. Kampus memberikan fasilitas seperti ruang kelas, bengkel tenaga dan bengkel konstruksi yang baru diresmikan. Diharapkan, mahasiswa baru mampu berinovasi membawa poltera semakin berjaya.

Menyiapkan konsep pengukuhan menggunakan prokes, sengaja diperintahkannya,  agar pengukuhan tetap berlangsung meriah dan bisa diikuti oleh semua mahasiswa baru.

“Saya meminta dan mengingatkan kepada semuanya, harus mematuhi protokol kesehatan, khusus 5 M + 1 D di mana pun berada. Kemungkinan perkuliahan yang akan diselenggarakan secara blended (offline dan online) dan dapat dilakukan full offline pada tahun mendatang saat pandemi sudah menurun kasusnya, ” katanya.

Pada kegiatan itu juga dihadiri Deputi Bidang Pengendalian Penduduk sekaligus Ketua Sub Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com.

Dalam kesempatan itu, Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com memberikan studium generale pada PPKKMB POLTERA tahun akademik 2021-2022. Dwi memaparkan secara detail tentang situasi pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 dan mengajak seluruh mahasiswa baru untuk melakukan perubahan perilaku agar penyebaran virus corona dapat ditekan. (man/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *