oleh

Poltera Sampang Pamerkan 7 Karya Teknologi Mahasiswa Inovatif

KABARMADURA.ID, Sampang – Politeknik Negeri Madura (Poltera) terus melahirkan mahasiswa kretif dan berprestasi di bidang teknologi. Teranyar, sebanyak tujuh karya teknologi dipamerkan secara virtual bekerja sama dengan Industri Dunia Usaha Dunia Kerja (IDUKA).

Ada tujuh jenis hasil karya mahasiswa yang dipamerkan. Di antaranya, robot lengan pengelas berbasis mikrokontroler, rancang bangun mesin pembersih gulma tanaman padi di sawah, rancang bangun perahu pariwisata berbahan dasar PVC (poli vynil cloride) dan prototype robot pemotong rumput dengan control android.

Sementara tiga lainnya, merupakan alat dengan system infus pintar yang terintegrasi dengan sistem android, desain lampu celup bawah air penarik perhatian ikan untuk diterapkan pada kapal tradisional dan rancang bangun mesin pemotong untuk tulisan pada karangan bunga dengan bahan styrofoam.

Pameran virtul teknologi virtual tersebut dibuka langsung oleh Direktur Poltera, Dr. Arman Jaya, ST, MT bersama Ketua Dewan Penasihat Industri Poltera, Anita Puji Utami S.T.

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi mahasiswa dan hasil karyanya. Pameran virtual yang diikuti lebih dari 200 orang itu dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom dan live di youtube akun milik Poltera.

Direktur Politkenik Negeri Madura, Arman Jaya, ST, MT mengungkapkan bahwa banyak hasil karya yang ingin dipamerkan. Tapi untuk sementara, hanya tujuh yang dipilih untuk dikenalkan ke khalayak publik.

“Ini program dari kementerian jika kami harus memberikan informasi hasil teknologi kepada industri dan masyarakat. JIka hasil industri cocok untuk masyarakat dan kalangan industri bisa memakainya,” katanya.

Dia menegaskan, salah satu hasil teknologi mahasiswa yang menarik adalah mesin pemotong styrofoam. Sebab mesin itu bisa membuat huruf dan angka berbahan styrofoam dengan sangat cepat. Sehingga, masyarakat bisa membuat tulisan dengan skala besar tanpa menggunakan keterampilan tangan.

Humas Poltera Taufik Hidayat menambahkan, adanya pameran virtual ini guna mengenal IDUKA mengenal karya teknologi yang dihasilkan Poltera. Sehingga menghasilkan kerja sama yang baik dalam mengembangkan dunia industry.

”Kami berharap akan melahirkan kerjasam dalam rangka mengembangkan perindustrian di Madura,” ucapnya. (km54/waw)

 

 

Komentar

News Feed