Poltera Sosialisasikan Aplikasi Presensi Berbasis IT di MTs Miftahul Qulub

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) INOVATIF: Tim program pengabdian masyarakat Poltera saat menyosialisasikan program pengabdian masyarakat berbasis teknologi informasi dengan MTs. Miftahul Qulub.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN Politeknik Negeri Madura (Poltera) menggelar sosialisasi program pengabdian masyarakat berbasis teknologi informasi, Rabu (17/11/2020). Sosialisasi yang dilakukan kepada MTs. Miftahul Qulub itu diisi dengan pelatihan presensi berbasis android dan website menggunakan framework laravel.

Anggota Tim Program Pengabdian Masyarakat Poltera Ahmad Mustofa menyampaikan, terobosan dan inovasi di dunia teknologi informasi sangat dibutuhkan. Hal itu untuk menjawab kebutuhan administrasi sekolah agar efektif dan efisien. Dengan demikian, kegiatan belajar-mengajar (KBM) dapat berjalan lancar.

Dia menjelaskan, fitur utama dari aplikasi presensi berbasis android dan website untuk melakukan pemantauan terhadap kehadiran siswa, guru, dan karyawan. Dengan aplikasi itu, presensi dapat dilakukan secara real-time. Selain itu, inovasi tersebut juga berfungsi untuk memudahkan rekapitulasi kehadiran tanpa perlu menghitung secara manual.

“Kami (Poltera, red) merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan program pengabdian masyarakat sebagai perwujudan dari Tridharma perguruan tinggi,” ungkap Ahmad Mustofa.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sekolah swasta khususnya pesantren di Madura mengalami masalah dalam kualitas akademik dan administrasi. Proses administrasi yang dilakukan secara manual bisa mengurangi konsentrasi sekolah pada pengembangan kualitas akademik siswa. Salah satunya perihal presensi kehadiran; baik siswa, guru maupun pegawai pendidikan lainnya.

“Ini sebagai upaya meningkatkan keefektifan dalam hal perekapan presensi siswa, guru maupun pegawai pendidikan lainnya. Tim pengabdian masyarakat dari Poltera menjawab tantangan tersebut,” ujarnya.

Kepala MTs Miftahul Qulub Pamekasan Ali Mahfud mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tim dari Politeknik Madura. Ia mengungkapkan, Poltera  telah memberikan kepercayaan kepada lembaganya untuk menerima dan menggunakan aplikasi presensi dan monitoring kehadiran berbasis android dan web menggunakan framework Laravel.

“Kami berharap dapat memberikan dampak positif dan memberikan kemudahan dalam akses perekapan data. Sehingga data tidak dikelola secara manual dan sudah terintegrasi dengan sistem presensi,” ucap Ali Mahfud.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *