Potensi Banjir Rob, Warga Bangkalan Diminta Waspada

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) TEGUH: Salah satu perahu kecil milik warga saat berada di laut sekitar pelabuhan Kamal, Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Perairan wilayah pesisir Kamal dan area selatan Bangkalan meningkatkan kewaspadaan terhadap prediksi terjadinya banjir rob. Banjir akibat meluapnya air laut karena hujan yang tinggi, mendapat perhatian dari sejumlah kalangan. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika potensi banjir rob diperkirakan akan terjadi sejak Selasa hingga Sabtu (26-30/1/2021).

Kasatpolair Polres Bangkalan Akp Ludwi menyampaikan, kemungkinan besar Bangkalan dan area laut wilayah utara juga akan mendapatkan dampak potensi adanya banjir rob tersebut. Luapan air laut akan naik, dan angin juga akan lebih kencang.

Bacaan Lainnya

”Kami tetap akan meningkatkan pantauan dan terus melihat potensi dan kabar terbarunya,” ulasnya.

Menurut Ludwi, hal tersebut juga diharapkan dapat menjadi perhatian dan kewaspadaan masyarakat. Sehingga tetap bisa melakukan antisipasi jika nanti terjadi hal yang tidak diinginkan.

”Informasi ini agar disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan saja, bukan untuk membuat masyarakat merasa takut,” tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan Rizal Morris menuturkan, kabar mengenai potensi banjir rob tersebut belum diterima oleh pihaknya. Ia menilai informasi tersebut mungkin bukan diperuntukkan untuk Bangkalan, sehingga dirinya memilih akan mencari tahu dulu.

”Dari informasi rilis untuk Bangkalan, saya belum dapat info mengenai ini, akan kami coba cari tahu,” jelasnya.

Kata Rizal, potensi tingginya curah hujan di bulan Februari mendatang memang benar, tetapi menurutnya itu masih dapat dikatakan curah hujan yang biasa. Hanya saja jika nanti membawa angin yang cukup besar, itu juga perlu diwaspadai.

”Kalau hujan dan angin yang ekstrem ini mungkin benar dan sudah seharusnya diwaspadai,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *