Potensi Desa Wajib Dikembangkan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) SOLID: Pengurus kabupaten lakukan pendampingan terhadap karang taruna di tingkat kecamatan dan desa

KABARMADURA.ID | SAMPANG – Karang Taruna Tingkat Kabupaten Sampang terus melakukan pembenahan produktivitas kepemudaan. Mereka menargetkan semua potensi desa dan pemuda harus dikembangkan.

Diketahui, dari total 180 desa yang sudah membentuk karang taruna ada sebanyak 163 desa. Diyakini di semua desa pasti memiliki potensi dan bakat pemuda yang belum dieksploitasi. 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sampang, Moh. Jakfar mengatakan, bisa dipastikan semua desa memiliki potensi yang berbeda-beda, baik dari faktor alam maupun sumber daya manusia (SDM) nya. Maka dari itu, pihaknya menekankan semua karang taruna di tingkat desa bisa memanfaatkan potensi tersebut. 

“Saya yakin jika semua potensi bisa dikembangkan. Sehingga kita akan melakukan pengembangan melalui karang taruna di tingkat desa, ” kata Moh. Jakfar, Selasa (16/11/2021). 

Menurutnya, jika semua potensi desa dikembangkan dengan baik, maka akan banyak potensi yang mendukung kemajuan Kabupaten Sampang. Termasuk para pemuda didorong untuk bisa memanfaatkan potensi desa yang ada atau mengaplikasikan potensi diri yang dimiliki melalui wadah karang taruna.

Selama ini, Jakfar menyebutkan, potensi yang ada belum dikembangkan dengan baik. Padahal itu sangat mendukung dalam melahirkan pemuda berprestasi dan desa yang berkemajuan.

“Saya yakin jika semua produktif, akan banyak sekali potensi yang muncul di Sampang. Terutama potensi individu dan kelompok serta potensi perekonomian,” imbuhnya. 

Disamping itu, pihaknya terus berupaya mengaktifkan karang taruna di beberapa desa yang sudah terbentuk tapi vakum. Seperti dicarikan solusi atas penyebab organisasi kepemudaan itu mati suri. 

“Kami lakukan pembinaan secara bertahap. Terutama soal kemampuan manajerial di semua karang taruna tingkat desa. Kami juga sentuh karang taruna di semua kecamatan untuk bisa menjalin koordinasi aktif dengan yaang di tingkat desa,” tegasnya. 

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Sule Sulaiman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *