Potret Chamihsa Laylani, Satu-satunya Wakil Madura pada KSN Nasional Tingkat SMP

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) CHAMIHSA LAYLANI: Perwakilan Jatim pada KSN Nasional 2021.

KABARMADURA.ID | Pencapaian remaja satu ini patut menjadi contoh bagi seluruh pelajar di Indonesia. Dialah Chamihsa Laylani, siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Pamekasan yang menjadi delegasi Jawa Timur pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional untuk jenjang SMP.

KHOYRUL UMAM SYARIF, PAMEKASAN

            Perempuan kelahiran 14 Desember 2006 ini menceritakan awal mulanya mengikuti lomba sebab ingin membanggakan kedua orangtuanya dan mengharumkan nama sekolahnya. Ia menjalani proses pembinaan pada Agustus lalu selama 6 jam setiap hari. Selain itu, ketika di rumah, ia kembali mereview materi yang diberikan. Ia mengaku rutin menjalankan hal itu sebelum dan sesudah ditetapkan sebagai delegasi Jatim pada ajang KSN tingkat nasional.

“Insya Allah saya sanggup menjadi perwakilan Pamekasan untuk berprestasi di tingkat nasional. Sedangkan untuk persiapannya masih berada di angka 50 persen,” paparnya, Kamis (28/10/2021).

Pelajar asli Pamekasan itu menyampaikan, bahwa trik dan tips untuk meraih prestasi yaitu dengan menerapkan kedisiplinan dalam belajar. Ia juga bercerita, pernah mengalami kegagalan sebanyak tiga kali saat mengikuti beberapa olimpiade tingkat kabupaten dan provinsi. Namun baginya, kegagalan itu menjadi pelecut agar lebih giat belajar untuk mencapai prestasi yang gemilang.

“Yang penting konsisten belajarnya, pahami semua materinya, didata dulu apa saja yang belum paham, sehingga bisa fokus belajarnya di situ,” ujarnya.

Dalam mengikuti KSN tingkat nasional yang akan diselenggarakan November mendatang itu, ia mendapatkan dukungan dari orangtua, kepala sekolah, dan gurunya. Ia mengungkapkan, bahwa dirinya membutuhkan doa dari masyarakat dalam mengikuti perlombaan tersebut.

“Pesan kepada teman-teman lainnya, yang penting harus semangat, harus mempunyai kemauan yang tinggi, dan juga disiplin dalam belajar,” pungkasnya.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *