oleh

PPDB di Pamekasan Dilaksanakan Online dan Offline

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2020 di tengah terjadinya wabah Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, direncanakan dilakukan secara online dan offline.

Namun untuk mekanisme dan teknis penerimaan,  sebagaimana yang telah disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan Tayyib, masih digodok agar tidak mudah diakses dan tetap menjaga kesehatan.

“Untuk penerimaan siswa baru tetap akan digelar sebagaimana mestinya. Tetap ada PPDB namun teknisnya masih menunggu ketentuan lebih lanjut,”paparnya, Kamis (16/4/2020).

Ditambahkan oleh Kepala Seksi (Kasi) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Disdik Pamekasan Moh. Ramli, pihaknya masih melakukan beberapa persiapan untuk membuka secara resmi nanti pada bulan Mei atau Juni yang akan datang.

“Apakah nanti akan dilakukan secara online atau online, rumusan aturannya sedang dilakukan dilakukan pembahasan. Nanti akan ada surat edaran resmi dari Pak Kadis (Plt Kepala Disdik Moh. Alwi), sesuai dengan surat edaran Covid-19, nanti tergantung dari lembaga, ada yang secara online atau tidak,”ungkapnya.

Sementara itu, berdasar catatan dari Kabar Madura  pada tahun 2019 lalu, Disdik Pamekasan menerapkan sistem zonasi untuk PPDB kepada 34 SMP negeri yang berada dalam pengawasannya dengan total maksimal 32 orang dalam satu kelasnya.

Untuk siswa baru, pada tahun 2019 lalu terdapat sebanyak 5,244 kursi yang disediakan. Guna memastikan proses penerimaan siswa sesuai dengan zona yang diterapkan pada waktu itu, Disdik menyiiapkan aplikasi khusus.

Tahun lalu, saat siswa terdeteksi mendaftar di luar zonasi sekolah yang ditetapkan, zonasi sekolah yang telah ditentukan akan gugur dengan sendirinya. (rul/bri)

 

Komentar

News Feed