oleh

PPDB SD di Kabupaten Pameaksan Tidak Sesuai Pedoman Teknis

Kabarmadura.id/Pamekasan-Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang sekolah dasar (SD) sudah dibuka sejak 1 Juli lalu, namun hingga kini banyak SD di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan yang belum memenuhi target kuota peserta didik baru, lantaran PPDB di sejumlah melenceng dari petunjuk teknis (juknis) yang ada.

Disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdik Pamekasan Fatimatuzzahra, untuk pedoman teknis (domnis) PPDB sudah tersosialisasi dengan baik kepada setiap sekolah, namun kendalanya siswa yang mendaftar tidak mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.

“Karakteristik sekolah dasar tidak sama, jadi kebiasan yang terjadi kadang-kadang tidak bisa paksakan sebab urusannya dengan masyarakat, ketika PPDB tanggal 1-4 selesai, tetapi faktanya meski guru masuk ke sekolah tidak ada yang daftar,” jelasanya, Kamis (9/7/2020).

Dijelaskannya, tradisi masyarakat yang mengakar sangat sulit disadarkan meski pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan maksimal kepada masyarakat yang berada disekitar sekolah. Hal itu yang kemudian mengakibatkan sistem PPDB di sekolah tidak sesuai dengan pedoman teknis yang ada.

Bahkan dari ratusan SD yang tersebar di 13 kecamatan, belum satu pun sekolah yang melaporkan data PPDB tahun ajaran kepada Disdik Pamekasan. Hal itu berakibat pada update data siswa baru di masing-masing sekolah

“Di satu sekolah sudah ada yang fix, ada yang setengah, ada yang belum mulai sama sekali,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindar DPRD Pamekasan Rida’i, mendesak kinerja dari setiap penyelenggara pendidikan untuk meningkatkan sosialisasi PPDB kepada masyarakat. Dia juga meminta agar Disdik tidak hanya dia menunggu laporan dari bawah.

“Penyelenggara pendidikan harus utuh dalam berosialisasi kepada masyarakat agar KBM berjalan dengan maksimal,” pungkasnya. (rul/pin)

 

 

Komentar

News Feed