oleh

PPK Belum Laporkan Hasil Rekrutmen KPPS

Kabarmadura.id/SUMENEP – Proses rekrutmen anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 sudah dilaksanakan pada tanggal 28 Februari-12 Maret 2019. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep mengaku belum mendapatkan data hasil rekrutmen dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara dan Data Pemilih KPU Sumenep Rahbini mengatakan laporan Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) masih belum dikantongi oleh pihaknya dan memang diakui bahwa jumlah KPPS sangat banyak pada pemilu tahun ini.

“Ini masih belum masuk datanya ke KPU. Meski pendaftaran sudah selesai, ini kan masih proses penyelesaian di tingkatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di bawah. Mungkin masih ada sebagian yang belum terpenuhi,” papanya.

Disinggung tentang daerah mana saja yang belum memenuhi kuota, ia belum bisa menjelaskan secara terperinci.

“Kalau  di mana saja yang masih belum terpenuhi, sebagian kepualauan ada yang tidak terpenuhi, tetapi ini kan masih dalam proses. Kita tunggu dua hari lagi tentu ada laporannya berapa jumlah yang telah terpenuhi,”ujarnya.

Untuk diketahui, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibutuhkan 7 orang anggota KPPS. Dari 4.315 TPS di seluruh Kabupaten Sumenep, maka dibutuhkan 30.205 anggota KPPS. Jumkah TPS ini meningkat tajam jika dibandingkan dengan Pilgub 2018 yang hanya 2.400 TPS.

Banyaknya kebutuhan anggota KPPS ini cukup menyulitkan untuk mencari orang-orang yang memenuhi syarat unttuk menjadi anggota KPPS. Namun, pihaknya yakin dipastikan jumlah 7 orang per TPS akan terpenuhi. (mun/pai)

Komentar

News Feed