PPP Pamekasan Kocok Ulang Komposisi AKD, Ketua Fraksi Jadi Pimpinan DPRD

(KM/DOK) Halili: Ketua Fraksi DPRD Pamekasan Fathor Rohman: Ketua DPRD Pamekasan

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Keputusan rotasi posisi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan sudah terbit. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menerbitkan surat keputusan yang berisi pergantian Fathor Rohman ke Halili di posisi ketua DPRD Pamekasan.

Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Pamekasan akan segera menindaklanjuti keputusan tersebut.

Menurut Ketua DPC PPP Pamekasan RPA Wazirul Jihad, surat rekomendasi rotasi alat kelengkapan dewan (AKD) DPRD Pamekasan itu tertanggal 22 Maret 2022 dan bernomor 0765/IN/DPP/III/2022. Surat tersebut ditujukan kepada DPW PPP Jawa Timur (Jatim).

Bacaan Lainnya

“Surat rekomendasi  DPP sudah keluar, tinggal kami akan melakukan tahapan sesuai dengan prosedur, karena sifatnya kami melaksanakan tugas-tugas dari atasan,” jelas Wazir.

Dalam surat tersebut disebutkan,  posisi Fathor Rohman sebagai ketua DPRD Pamekasan akan digantikan Halili yang sebelumnya sebagai ketua Fraksi PPP DPRD Pamekasan.  Sebaliknya, posisi Halili  sebagai ketua fraksi digantikan Fathor Rohman.

“Kami akan konsultasikan kepada sekwan tentang perubahan posisi ini, tentunya sesuai dengan prosedur yang sudah diatur,” ulasnya.

Sementara itu, Halili nampak menanggapi santai dengan rekomendasi posisi ketua DPRD Pamekasan yang jatuh padanya. Menurutnya, hal itu bukan sesuatu yang luar biasa. Sebab, jabatan tersebut sudah pernah diperankannya pada periode sebelumnya.

“Saya kira pergantian yang akan datang bukan hal baru bagi saya, saya tinggal melanjutkan saja, tugas-tugas kedewanan sehingga berfungsi sebagaimana mestinya,” kata Halili.

Sedangkan Fathor Rohman menyampaikan, posisi apa pun yang dipercayakan DPP PPP kepadanya akan dilaksanakan dengan maksimal. Kata Fathor, tekadnya dari awal untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Kami selalu patuh kepada aturan partai, jadi saya tidak merasa keberatan karena partai ini kendaraan bagi kami,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, pertukaran posisi itu berawal dari kesepakatan politik yang terjadi menjelang awal periode Fathor Rohman menjabat sebagai ketua DPRD Pamekasan. Saat itu Halili menjabat ketua DPC PPP Pamekasan.

Sebelum terjadi kesepakatan, sempat terjadi polemik di internal PPP Pamekasan. Karena ada pihak yang menganggap Halili yang layak menjabat ketua DPRD. Sebaliknya, juga ada pihak yang menganggap Fathor Rohman yang layak.

Akhirnya tercipta perjanjian politik. Kesepakatannya adalah, jabatan ketua DPRD akan diberikan kepada Halili setelah Fathor Rohman menyelesaikan setengah periode jabatannya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Wawan A. Husna

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.