Prediksi Hasil Produksi Garam Rakyat di Pamekasan Meningkat 

News86 views

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Produksi garam rakyat tahun ini akan mengalami peningkatan. Sebab cuaca tahun ini cukup mendukung. Yakni, kemarau panjang. Bahkan hasil produksi garam rakyat saat ini mencapai 96,1 ribu ton. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Pamekasan Abdul Fata melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Luthfie Asy’ari, Selasa (7/11/2023). 

Menurutnya, total produksi garam rakyat diprediksi mencapai  100 ribu ton lebih. Sebab sudah lima bulan para petambak garam memproduksi garam rakyat. Apalagi, pada awal November diprediksi akan terjadi hujan. Namun faktanya, belum hujan khusus daerah lahan produksi garam. Secara umum, target produksi garam rakyat merupakan kewenangan pusatmb

Baca Juga:  Disdik Sumenep: Masih 9 Kecamatan Kepulauan Tahap Pendataan Siswa

“Tapi produksinya bisa lebih dari jumlah produksi yang saat ini kami inventarisasi,” ujarnya kepada Kabar Madura.  

Sedangkan, untuk areal produksi lahan garam 961,6 hektar. Dari luasan tersebut, belum menemukan kendala yang cukup signifikan dalam pengelolaan atau produksi garam rakyat. Meski demikian, pendampingan tetap direalisasikan demi peningkatan produksi garam rakyat. Termasuk, perambah yang belum menggunakan geomembran dalam memproduksi garam rakyat. 

“Untuk hasil produksi garam rakyat berdasarkan pemantauan di lapangan sebagian besar langsung dijual, karena harga tahun ini  lumayan stabil, mulai dari angka Rp1,3 juta hingga Rp1,4 juta, sedangkan untuk penjualannya ada yang dijual di Pamekasan, ada juga yang keluar daerah. Untuk stok produksi saat ini sebanyak 15.078,50 ton, rata-rata dijual semua,” jelasnya. 

Baca Juga:  Diskan Pamekasan Sebut 20 Persen Perahu Nelayan Belum Kantongi Izin

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *