Presiden Jokowi Menyebut Poltera Menyimpan Banyak Potensi

  • Whatsapp
(FOTO: Poltera for KM) POTENSI: Presiden RI Joko Widodo terlihat akrab berdialog dengan para petinggi politeknik se-Jawa Timur, termasuk Direktur Poltera Arman Jaya.

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendatangi peresmian bendungan bendo di Ponorogo, Jawa Timur. Dia menyebut Politeknik Negeri Madura (Poltera) penuh potensi menjanjikan di masa depan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan dengan semua petinggi politeknik se-Jawa Timur, di antaranya, Direktur Poltera, Arman Jaya, Direktur Politeknik Negeri Malang, Direktur Politeknik Negeri Madiun dan direktur Politeknik Jember.

Pada dialog itu, Presiden Jokowi menilai, politeknik ke depan adalah lembaga pendidikan yang menjanjikan bagi mahasiswa. Sebab kerja sama dengan industri terjalin baik. Sehingga memudahkan lulusannya diterima dalam dunia kerja.

Pada pertemuan yang dikemas dengan dialog itu, Presiden Jokowi memandang bahwa politeknik ke depan lebih menjanjikan. Bahkan berencana akan berkeliling ke semua politeknik di Jawa Timur bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Saya kira ke depan memang politeknik itu sangat lebih menjanjikan, jika terhubung, terkoneksi dengan industri dengan para praktisi akan memudahkan diterima oleh pasar kerja,” katanya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Madura Arman Jaya menyampaikan, meskipun berstatus sebagai perguruan tinggi vokasi baru, berbagai macam inovasi sudah dilakukan. Sarjana dan prasarana yang dimiliki mampu mendorong mahasiswa untuk kreatif dan berprestasi.

Seperti terwujudnya pembuatan ambulance boat yang merupakan hasil sinergi antara Poltera, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang dan industri galangan kapal, termasuk sejumlah inovasi lain yang sudah menumbuhkan prestasi mahasiswa.

“Alhamdulillah tahun ini kami sudah membuat kapal ambulance boat, hasil kerja sama dengan Pemkab Sampang dan juga industri galangan kapal, ” ungkap Arman Jaya.

Dia mengungkapkan kepada Presiden Jokowi, bahwa 80 persen lulusan Poltera sudah banyak diserap industri nasional. Bahkan mayoritas para lulusan hanya membutuhkan waktu kurang dari enam bulan untuk mendapatkan pekerjaan.

Di tempat terpisah, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Politeknik Negeri Madura Mohd Syafrudin juga melakukan penandatanganan berita acara serah terima gedung kuliah dan bengkel tenaga dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). (man/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *