oleh

Prioritaskan Keamanan Pengunjung, Disporabudpar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Keamanan wisatawan saat mengunjungi objek wisata perairan menjadi salah satu prioritaskan program Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang. Untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada wisatawan saat mengunjungi wisata perairan seperti pantai Lon Malang, Camplong, Toroan, dinas yang membidangi wisata itu mengadakan pelatihan dengan tema“Pemandu Wisata Balawisata”. di Hotel Camplong, Selasa-Kamis (17-19/11/2020).

Pelatihan itu diikuti oleh peserta kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Sampag. Hadir dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Bangkalan, Basarnas Provinsi Jawa Timur serta Kepala Disporabudpar itu sendiri.

“Kegiatan ini untuk melatih peserta dalam rangka penyelamatan pengunjung atau wisatawan di lokasi perairan. Jika ada yang tenggelam atau berarus bisa ditangani oleh peserta, dan mereka itu paham,” tutur Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Sampang Ibni Abdi Rahman melalui kasi Pariwisata  Dina Adriana, Selasa (17/11/2020).

Dikatakannya, tujuan kegiatan itu untuk memberikan informasi dan memberikan peringatan kepada para wisatawan tentang lokasi laut yang aman, lokasi laut berarus atau lokasi laut yang berbahaya. Selain itu, dengan dengan digelarnya pelatihan itu nanti akan dipasang tata tertib di sejumlah objek wisata.

Ditambahkan Dina, para penjaga pantai bisa mengetahui suasana yang kurang nyaman. Jadi ketika sudah ada penjaganya nantinya pengunjung akan merasa nyaman dan tenang.

”Pelatihan ini dalam rangka menjaga keselamatan wisatawan atau pengunjung dari objek yang sifatnya di air,” tambahnya.

Selain itu ia berharap, manfaat dari pelatihan itu dapat diaplikasikan ketika mereka bekerja, dan bisa menjaga para wisatawan hingga merasa nyaman, karena kenyamanan pengunjung ini menjadi tolak ukur atas pelayanan wisata di Sampang.

”Jumlah yang ikut ini ada 40 orang. Semuanya dari Pokdarwis yang dari masing-masing objek wisata, selain itu pendamping wisata juga kita hadirkan,” pungkasnya. (mal/mam)

Komentar

News Feed