Prioritaskan Pembebasan Lahan SDN Durjan 03 Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) Komisi D DPRD Bangkalan memantau langsung SDN Durjan 03 beberapa minggu lalu.

KABARMADURA.D, BANGKALAN -Setelah menjadi atensi, akhirnya janji Komisi D DPRD Bangkalan untuk memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) mengenai klarifikasi lahan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Durjan 03 yang ditengarai masuk teritorial wilayah Sampang terpenuhi. Hasilnya, keberadaan lahan masih rancu.

Sehingga, tidak bisa mendapatkan bantuan pembangunan. Bahkan, untuk menyelesaikan problem tersebut perlu dilakukan pembebasan lahan di tahun 2022 mendatang. “Masih ada perbedaan pendapat mengenai wilayah teritorial ini (SDN Durjan 03 red),” ujar Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan, Senin (23/8/2021).

Menurutnya, jika mengacu pada pembayaran pajak tahunan, pembayaran dilakukan di kabupaten Sampang. Namun, jika mengacu terhadap informasi para tokoh masyarakat (tomas), lahan masih di wilayah Bangkalan. “Sebagian masih di Wilayah Bangkalan, dan sebagian di Sampang,” tuturnya.

Pihaknya menuturkan, permasalahan utama terletak pada lahan. Sehingga, harus segera disediakan. Jika memang sudah ada, maka harus segera disiapkan anggarannya. “Kalau tahun ini mungkin belum bisa, tapi tahun depan mungkin bisa,” terangnya

Pembebasan lahan tersebut akan menjadi prioritas. Meskipun nanti penentuan harganya ditentukan oleh negara, bukan pemerintah daerah. “Ini yang harus dipahami warga, karena biasanya mereka meminta sesuai keinginan mereka,” ulasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Bangkalan Ainul Qomar berjanji, akan mengupayakan untuk melakukan realokasi untuk SDN Durjan 03 yang memang sudah sejak 2 tahun lalu sudah menjadi pembahasan. “Kami akan coba melakukan relokasi dulu, baru nanti kami akan minta sekolah merencanakan pembangunannya,” paparnya.

Menurutnya, gedung sekolah juga tidak terlalu bagus. Sedangkan, informasi yang beredar di warga sekitar juga masih multitafsir. Bagian belakang sekolah memang masuk Sampang, di depan masih masuk Bangkalan. “Semoga saja nanti bisa berjalan lancar sesuai dengan keinginan dan perencanaan,” tukasnya.  (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *