Produk Lokal UMKM Lemah dalam Promosi dan Pengemasan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MELAYANI: Salah satu pedagang pentol saat membuatkan pesanan pembeli di Kamal, Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bangkalan Iskandar Ahadiyat kembali membuka harapan bagi pengusaha yang sebelumnya gagal mendapatkan bantuan. Para pelaku usaha bisa mengajukan ulang sebagai penerima bantuan. “Saya harap mereka tidak menyerah pada satu kali kesempatan,” katanya.

Pihaknya mengaku mendapatkan informasi mengenai bantuan baru yang direncanakan akan diberikan dari kepolisian. Sebab, tidak bisa dipungkiri, bantuan yang sudah diluncurkan beberapa kali belum cukup mampu membantu semua pengusaha kecil. “Jumlahnya berbanding jauh, antara kuota dan jumlah pengusaha yang membutuhkan,” ulasnya.

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk penerima bantuan yang sudah dicairkan, lelaki yang akrab disapa Yayat itu, meminta agar penerima memanfaatkannya dengan baik, seperti meningkatkan kualitas, atau memperluas penjualan. “Meskipun bantuan ini tidak banyak, tapi kalau dikelola dengan baik saya kira bisa membantu,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa di Bangkalan juga sudah hadir komunitas gerakan ekonomi masyarakat kecil yakni Gerakan OKE OCE. Melalui gerakan tersebut, dirinya meminta agar para pengusaha tidak takut, untuk mencoba hal baru dan belajar memperbaiki usahanya. “Kita ini masih butuh banyak tambahan pengetahuan, salah satunya tentang teknik pengemasan,” jelasnya.

Produk lokal Bangkalan juga masih lemah dalam upaya promosi dan pengemasan sehingga membuat para pembeli kurang tertarik. Selain perlu diadakan pelatihan, nantinya juga digagas program kerjasama dengan aplikasi e-commerce. “Nanti akan kami mulai koordinasi kerjasama saat para pengusaha kita sudah siap,” pungkasnya. (hel/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *