Produk UMKM Jarang Ditemukan di Toko Modern, Upaya Menguatkan Karya Lokal Belum Maksimal

  • Whatsapp
KM/KHOYRUL UMAM SYARIF PRODUK UMKM: Sentra pemasaran  UMKM Pamekasan terlihat sepi pengunjung

Kabarmadura.id/Pamekasan-Produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pamekasan hanya terdistibusi ke Sentra Pemasaran Produk UMKM. Kebijakan yang mengatur untuk menyasar  toko modern sampai saat ini belum maksimal.

Hal itu disampaikan anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Pamekasan, Harun Suyitno. Ia mengaku bahwa berdasarkan hasil pantauannya ke beberapa toko modern yang ada di Pamekasan, tidak pernah menemukan hasil produk UMKM yang dipajang di rak-rak toko modern .

“Pendistribusian hasil produk UMKM di Pamekasan, sampai saat ini kami belum melihat secara jelas,” paparnya. (26/6)

Menurutnya, distribusi hasil produk UMKM ke toko modern merupakan salah saru program Pemkab Pamekasan saat ini. Pihaknya meminta agar masalah tersebut disikapi sengan serius karena bisa menopang perekonomian kerakyatan.

“Saya kira janji mengenai UMKM ini sudah cukup lama segera dapat merealisaikannya ke toko-toko modern” imbuhnya.

Dia juga menambahkan bahwa ada dampak positif apabila program yang dijanjikan itu terealisasi secara menyeluruh. “Dampak dari pendistribusian produk UMKM ini, pertama bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat, jadi beberapa program bupati, baik terhadap toko modern, baik terhadap promosi UMKM lewat media dan lainnya, sehingga janji yang tersampaikan bisa terwujudkan,” tambahnya.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, juga mengharapkan Pemkab Pamekasan terus mempromosikan hasil produk UMKM agar dapat dikenal oleh khalayak ramai terutama dari luar Kabupaten Pamekasan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop-UMKM) Pamekasan, Jhon Yulianto menyampaikan bahwa ada 106 produk yang telah mendapatkan sertifikat terakreditasi oleh pihak Diskop-UMKM.

“Ada seratus enam produk yang sudah terakreditasi, artinya mereka itu sudah punya izin dan semacamnya,” ungkapnya. (km47/rei)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *