Produksi Garam Capai 18 Ribu Ton

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Capaian Produksi Garam mengalami peningkatan yang semula mencapai 7.210 ton saat ini sudah mencapai 18.994,2 ton. Hal itu berkat kerja keras dan usaha Dinas Perikanan Kabupaten Pamekasan untuk meningkatkan produksi garam.

Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Budidaya Dinas Perikanan Pamekasan Muzanni mengutarakan, capaian tersebut dihasilkan dari produksi garam di empat kecamatan yakni, Kecamatan Galis, Pademawu, Tlanakan, Larangan. Namun, capaian itu masih belum penuhi target.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan produksi hingga akhir 2019 nanti,” katanya, Selasa (27/8).

Muzanni juga mengutarakan, meskipun produksi garam masih belum mencapai target, diakui Muzanni, pihaknya optimistis bisa mencapai target tahun ini. Sebab, luas lahan integrasi di Kabupaten Pamekasan seluas 47.1 ha, dan nonintegrasi 876.5 ha.  Apalagi, saat ini mulai memasuki musim kemarau, sehingga target 128 ribu ton garam akan tercapai.

“Optimis kami mencapai target, bahkan, melebihi,” paparnya.

Dijelaskan, pada tahun 2018 target pemerintah mencapai 100 ribu ton. Namun, produksi garam mencapai 125 ribu ton.

“Diharapkan pada tahun 2019 mencapai target sesuai yang diinginkan pemerintah,” paparnya.

Tahun 2019, ditarget produksi 128 ribu ton garam. Hanya saja, belum mencapai target. Alasannaya, masih proses pengumpulan garam.

Muzanni mengimbau, perlu mewaspadai terjadinya musim kemarau basah. Karena kondisi cuaca itu berpengaruh terhadap hasil produksi garam.

”Semoga kehawatiran itu tidak terjadi,” tambahnya.

Sementara itu,agar target produksi bisa dipenuhi, pihaknya akan berupaya melakukan beberapa upaya. Misalnya, memanfaatkan teknologi geomembran, kemudian pembinaan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas produksi. Pihaknya juga akan meningkatkan lahan terintegrasi garam yang saat ini masih terus dilakukan.

“Di samping peningkatan produksi juga peningkatan kualitas,” pungkasnya. (imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *