oleh

Program Bantuan Lansia Tunggu Verval dan Perbup

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Bantuan terhadap masyarakat lanjut usia (lansia) belum terealisasi. Padahal, bantuan tersebut sudah dianggarkan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, sebesar Rp4 miliar.

Salah satu indikasinya, belum diterbitkannya peraturan bupati (perbup). Bahkan, verifikasi dan validasi (verval) terhadap data awal yang masuk 4.250 lansia belum tuntas. Adapun, yang akan mendampingi program tersebut pada setiap kecamatan akan diambil 1 orang. Sehingga, total ada 13 pendamping yang diproyeksikan.

Kadinsos Kabupaten Pamekasan, Moh. Tarsun, mengatakan data awal pemberian bantuan kepada lansia berasal dari perangkat desa (PD). Terdapat salah paham mengenai kriteria pada program yang dicanangkan. Sehingga, mengakibatkan membeludaknya data penerima.

“Dalam waktu dekat akan kunjungan untuk verval kerumah-rumah, sehingga sesuai dengan kriteria yang akan dimuat di perbup,” ujarnya, Senin (15/02/2021).

Pihaknya menjelaskan, untuk kriteria dari lansia yang berhak mendapatkan bantuan berupa makanan dua kali sehari dan pemeriksaan kesehatan, yakni lansia miskin tidak potensial, berusia 60 tahun ke atas, hidup sebatang kara atau tinggal dengan orang lain yang juga lansia.

Serta, lansia tidak potensial yang tinggal bersama dengan anak di bawah umur dan atau tinggal bersama orang dengan kebutuhan khusus dan tidak mempunyai mata pencaharian serta penghasilan.

“Perbupnya belum ditandatangani, tetapi kriteria sudah disampaikan kepada beliau, dan sekarang sedang diajukan, tetapi prinsipnya sudah oke, dengan kriteria yang disampaikan, saya sampaikan langsung,” janjinya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Rida’I, berharap program tersebut segera terealisasi. Sebab, sangat dibutuhkan oleh keluarga prasejahtera. “Tolong segera tuntaskan berbagai prosesnya. Sehingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat miskin,” sarannya. (rul/ito)

 

 

Komentar

News Feed