oleh

Program Beasiswa Santri 2021 Mencapai 2 Ribu Peserta

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN- Target beasiswa santri tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2020, beasiswa santri hanya mencakup 1.652 peserta. Sedangkan untuk tahun ini, jumlah penerima beasiswa santri di target mencapai 2 ribu peserta. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Sekkab) Pamekasan, Halifaturrahman, Rabu (09/02/2021).

Menurutnya, peningkatan target tidak terlepas dari manfaat dari adanya program tersebut. Terutama, banyak dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan biaya untuk menyekolahkan anaknya. Sebanyak 2 ribu santri tersebut, sudah tercakup dalam program beasiswa santri tahun ini. Sedangkan,  untuk pembukaannya akan diperkirakan pada bulan Juni mendatang.

“Progres saat ini, masih menyiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan realisasi program beasiswa santri ini. Target kami tahun ini mencapai 2 ribu santri, sedangkan pada tahun 2020 kemaren ada sebanyak 1.652 santri,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, masyarakat yang ingin mendaftarkan putranya untuk bisa tercakup dalam program beasiswa santri, harus mendatangi pesantren mitra yang sudah disepakati. Hal tersebut, tentunya sesuai dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. “Jadi mereka yang mendapat beasiswa santri mendaftar di SMP atau di MTs mitra,” jelasnya.

Untuk saat ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, para santri yang sudah mendapatkan beasiswa pada tahun 2020 kemarin, sudah mendapatkan bimbingan secara khusus. Sehingga, ketika sudah lulus mereka mempunyai kompetensi yang cukup untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

“Bimbingan dan pendampingan terus dilakukan oleh tim, kalau pembimbing ada 26, pendampingnya ada 61 orang,” tegasnya.

Dia menuturkan, untuk menyongsong pemberian beasiswa tahap kedua pada pemerintahan berbaur, para pendamping dan pembimbing akan menyesuaikan terhadap kebutuhan dari para penerima beasiswa, mengingat ada penambahan target peserta calon penerima. “Kami akan menyesuaikan dengan kebutuhan pada tahun 2021,” janjinya. (rul/ito)

 

Komentar

News Feed