oleh

Program BSPS Sumenep Baru Tuntas 300 Unit

Kabarmadura.id/Sumenep-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (PU PRKP dan Cipta Karya) menyampaikan, bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) segera memasuki batas akhir pengerjaan, yakni tanggal 15 Nopember. Namun sayangnya, dari 1.530 kelompok penerima manfaaat (KPM), baru 300 unit yang sudah selesai.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Benny Irawan mengatakan,  bantuan BSPS sebenarnya sudah melewati tenggat waktu yang ditetapkan sebelumnya, yakni 30 Oktober. Namun, pemerintah pusat memberikan toleransi atau perpanjangan waktu hingga 15 Nopember 2019.

Benny (sapaan akrabnya) menyampaikan, kesempatan waktu yang ditolerir oleh pemerintah pusat terbilang sangat singkat, yaitu sampai pertengahan bulan ini.

“Karena memang kami tidak dapat berupaya banyak terkait masalah waktu. Makanya kami terus memberikan dukungan juga bantuan kepada penerima agar segera diselesaikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, kelompok penerima manfaat (KPM) yang valid serta lolos verifikasi dan resmi menerima program BSPS itu sebanyak 1.530 keluarga, dengan nominal bantuan sebesar Rp17.500.000. Dari 1.530 KPM tersebut, pembangunan yang sudah tuntas masih terbilang rendah yaitu sekitar 300 unit rumah. Tetapi pihaknya mengaku optimistis 5 hari waktu yang tersisa seluruh pembangunan akan dituntaskan.

“Namanya saja stimulan, kemungkinan besar tidak akan cukup dananya. Makanya, harus ditambahi sendiri. Sementara unktuk ketentun ukuran harus dipenuhi, ya harus gotong royong itu mungkin salah satu solusinya,” pungkasnya. (ara/pai)

Bantuan yang yang bersumber dari pemerintah pusat itu, pihaknya hanya berfungsi sebagai fasilitator dan membantu penunjuk lokasi saat melakukan verifikasi dan pengawasan. Tidak dapat memberikan kebijakan apapun.

“Kami minta kebijakan kepada Satker, karena 30 Oktober yang menjadi target awal itu ternyata masih banyak yang belum rampung, makanya kami coba ngomong ternyata masih diberi kesempatan lagi,” katanya, kemarin.

 

Komentar

News Feed