Program East Java Smart Province Dicurigai Ada Kejanggalan

  • Whatsapp
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Mathur Husyairi .

SURABAYA-Lambatnya pelaksanaan program East Java Smart Province, membuat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) Mathur Husyairi geram.

“Pemprov itu tahun 2017 atau 2018, ada anggaran (east java) smart province, turunan dari program itu, semua informasi se-Jawa Timur, mulai tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten, terintegrasi di satu web itu. Sekarang, ini tidak jalan,” tuding Mathur.

Program tersebut, kata anggota Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) ini, menelan anggaran ratusan miliar. Itu membuatnya curiga dan berencana menelusuri realisasi program yang dipandang penting itu.

“Saya kurang tahu (tepatnya), tapi itu ratusan miliar, makanya ini mau saya telusuri nanti,” janjinya.

Menurut Mathur, program tersebut sangat bermanfaat guna mesngakses produk-produk unggulan, mulai tingkat desa hingga kabupaten di Jatim. Serta, untuk melihat data yang akurat, langsung berdasarkan data Pemprov Jatim.

Bahkan, data yang terdapat di website tersebut harus lebih akurat ketimbang milik Badan Pusat Statistik (BPS).

“Di desa ini apa produk unggulanhya, siapa kepala desanya , penduduknya berapa, seperti itu seharusnya. Menurut saya,  smart province ini harus lebih canggi dari datanya BPS sensus penduduk,” tegas Mathur.

Upaya tersebut diambil Mathur, juga agar Pemprov Jatim lebih transparan dalam segi anggaran, dari semua SKPD se-Jatim. Sebab, dia merujuk terjadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi.

Diketahui, untuk menciptakan pemerintahan yang transparan dan tersedianya pusat data yang integrasi, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jatim meluncurkan program East Java Smart Province pada September 2019. Targetnya, informasi mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten se-Jatim, terakomodir dalam satu website. (idy/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *