Program Fish On di Bangkalan Tanpa Pembinaan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) TERABAIKAN: Penggunaan aplikasi fish on untuk para nelayan di wilayah pesisir Bangkalan belum maksimal.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Penggunaan aplikasi fish on khusus nelayan Bangkalan, belum pernah didampingi tenaga ahli yang memahami tentang penerapan aplikasi  tersebut. Padahal penggunaan aplikasi mampu mempermudah nelayan untuk mencari ikan. Bahkan bisa membuat penghasilan perekonomian nelayan meningkat.

Namun hampir setahun, realisasi penggunaannya belum pernah didampingi tim ahli. Sehingga para nelayan hanya sekedar mencoba tanpa mengetahui fungsi yang sebenarnya. Akibatnya, penggunaan aplikasi belum membuahkan hasil bagi para nelayan. Hal ini diakui salah satu nelayan asal Kampung Bandaran Bangkalan Hosen, Minggu (24/10/2021).

Menurutnya, program yang menjadi rekomendasi pemerintah pusat digadang bisa mendeteksi ikan di laut dalam jumlah besar ketika sedang diaktifkan. Bahkan, juga dibantu penjualan dan promosi melalui aplikasi tersebut. “Kalau saat sosialisasi, seolah aplikasi ini harus segera digunakan, karena banyak nelayan yang antusias,” ucapnya.

Namun semenjak awal tahun 2021 lalu hingga saat ini, belum ada bimbingan tentang penggunaan aplikasi tersebut dari tim ahli. Padahal pada saat sosialisasi, penggunaanya akan diterapkan pada saat nelayan melaut. “Saya hanya bisa mengingat tutorialnya, itupun juga gagal,” kesalnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Bangkalan Mohammad Zaini mengaku, belum melakukan pembinaan terhadap para nelayan tentang penggunaan aplikasi tersebut. Sebab ada beberapa kendala yang menghambat untuk mendatangkan tim ahli yang memahami penggunaan aplikasi.

“Salah satunya pandemi yang mengakibatkan aktivitas mobilitas keramaian yang tidak diperbolehkan. Bahkan kami juga sudah meminta penyuluh untuk belajar langsung, kemudian bisa diterapkan terhadap para nelayan. Insyaallah akan kami jadwalkan lagi tahun depan,” responnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *