oleh

Program-Program DPKP Terkendala SDM

Kabarmadura.id/PAMEKASAN- Kekurangan sumber daya manusia (SDM) dapat menghambat kesuksesan program. Hal itulah yang dialami oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan saat ini. Pelaksanaan program terkendala oleh ketersediaan SDM yang mumpuni.

Kabid Perumahan dan Tata Bangunan DPKP Pamekasan Didik Ruswandi menyampaikan, ada beberapa program di DPKP yang terkendala SDM seperti Perumahan, Tata Bangunan, Jasa Konstruksi, serta pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) melalui sistem informasi manajemen bangunan gedung (SIMBG).

Dejelaskan, dengan kurangnya SDM tersebut  maka berpengaruh terhadap kecepatan, ketepatan, dan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. SDM yang dimaksud baik jumlah maupun kualitas tentunya masih kurang.

“Dari sisi kualitas maupun kuantitas, kita masih kekurangan SDM,” paparnya.

Menurut Didik solusi yang harus dikembangkan adalah  memperbaiki kualitas dengan banyak belajar, tentunya  sering melakukan pelatihan-pelatihan sesuai dengan kebutuhan.

“Kami mengajukan kebutuhan SDM ini. Alhamdulillah tahun ini mendapatkan satu tenaga baru yang tentunya juga masih kurang dari kami,” bebernya.

Ia menambahkan, programnya tentang perumahan sasarannya masyarakat yang berpenghasilan rendah yang tidak memiliki rumah layak.

Tata bangunan berkenaan tentang gedung negara yang saat ini dalam perencanaan, seperti Gedung Arsip Daerah dan fokus kepada perencanaan saja dan tidak ada program pembangunan fisik.

Selain itu juga mendampingi bantuan pembangunan teknis yang ada di dinas lain  yang melaksanakan pembangunan gedung negara, agar pembangunan berjalan dengan baik.

Jasa konsumsi yakni melayani dalam hal fasilitas izin usaha konsumsi salah satu tahapan harus melalui dinas DPKP agar terbit usaha jasa konsumsinya.

Kemudian pelayanan IMB sistem manajemen pengelolaan SIMBG pelayanan itu ada verifikasi dari dinas teknis terkait ketntuan_ketentuan terkait pelayanan IMB itu sendiri

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Pamekasan  Hosnan Ahmadi menyampaikan,  Program-program yang berkenaan dengan pembangunan harus dilakukan  perencanaan secara matang, dengan begitu, masyarakat akan bisa menilai bahwa program itu dilakukan secara tidak asal-asalan.

“Agar terkesan baik di khalayak masyarakat,” pintanya.

Mengenai Keterbatasan SDM  maklum namun, dan  pembenahan-pembenahan terus dilakukan salah satunya dengan banyak membaca buku referensi yang berkenaan dengan pembangunan.

“Kembangkan dan lanjutkan,” tegas Hosnan mengakhiri pemhicaraan. (km45/pai)

Komentar

News Feed