Program Sanimas di Bangkalan Hanya Sasar Tiga Kecamatan

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, BANGKALAN  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelontorkan anggaran Rp100 juta untuk pembangunan sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas). Program yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 ini hanya menyasar tiga titik di tiga kecamatan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Anang Yulianto, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya, program Sanimas bertujuan untuk menyediakan prasarana air limbah bagi masyarakat di daerah kumuh padat perkotaan serta peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi.  Khususnya, pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh miskin perkotaan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

“Sementara untuk di Bangkalan itu hanya ada tiga titik yang tersebar di Kota, Socah, Burneh dengan rincian setiap kritiknya itu Rp33 juta. Jadi anggaran keseluruhan ini mencapai Rp99 juta,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan, pada bulan Oktober 2021 pekerjaan program Sanimas sudah rampung dan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan ketersediaan air. Sebab hingga saat ini, sudah ada dua titik selesai dikerjakan. Apalagi, pekerjaan fisik dilaksanakan secara kontraktual. Sehingga, lebih cepat selesai.

“Dua titik yang sudah selesai ini, Kecamatan Burneh dan Kota. Lokasinya di bantaran kali. Kami berharap Sanimas ini bisa menjadi fasilitas publik dengan baik yang awalnya masyarakat menjadikan sarana pembuangan air besar  di ruang terbuka. Mungkin ketika dibangun itu, bisa difungsikan oleh banyak warga,” jelasnya.

Reporter: Moh. Imrom

Redaktur: Totok Iswanto

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *