Program Sehat Nelayan Tidak Merata

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP- Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil Yanyan Heryana menuturkan, program sertifikasi hak atas tanah nelayan (Sehat Nelayan) belum merata ke seluruh kecamatan yang ada di Sumenep.

Untuk tahun ini, program tersebut baru mencakup kecamatan Ambunten, Pasongsongan, Gili Genting, Bluto dan Kalianget.

Hal itu disebabkan karena jatah pengajuan disesuaikan dengan kouta permintaan dari pemerintah Jawa Timur.

“Untuk program tersebut, kami telah mengajukan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Timur,  yaitu sekitar 400 orang. Namun sampai saat ini masih belum turun,” katanya.

Ia menambahkan, program Sehat Nelayan masih harus melalui tahapan proses yang panjang agar seluruh masyarakat yang memang sepantasnya, dapat menikmati program gratis tersebut.

Maka jika ada jatah lebih, pihaknya akan mengajukan permohonan dengan jumlah yang lebih banyak dari pengajuan sebelumnya.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh nelayan yang akan mengajukan program tersebut. Persyaratan tersebut meliputi, KTP, KK,  dan SPPT.

Sementara yang berkaitan dengan tanah, tanahnya bukan tanah sengketa, bukan tanah patok dan juga luas tanah tidak boleh lebih dari 2000 meter persegi.

Karena berhubungan dengan batas maksimal yaitu tidak boleh lebih dari 2000 meter persegi, maka masyarakat yang mempunyai luas tanah lebih dari yang telah ditentukan, diharapkan kesadarannya untuk tidak mengajukan, karena program tersebut hanya menyasar ke masyarakat yang kurang mampu.

Sementara itu Suaidi sekretaris desa yang ada di Kecamatan Pragaan begitu berharap agar sebagian masyarakat yang berada di desanya nantinya menjadi sasaran program Sehat Nelayan tersebut, meskipun tahun ini tidak memperoleh bantuan tersebut.

“Kalau memang ada jatahnya, kami berharap agar masyarakat kami bisa menikmati program tersebut, meskipun tidak semua yang penting ada dapat dulu,” katanya, Ahad (28/7). (km48/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *