Program Smart City Ditargetkan 2023

  • Whatsapp
KM/Moh Tamimi FERDIANSYAH TETRAJAYA: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep.

Kabarmadura.id/Sumenep-Program Smart City ditargetkan akan terealisasi sepenuhnya pada tahun 2023. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ferdian Tetrajaya mengungkapkan, program tersebut merupakan pemanfaatan teknologi informasi untuk pemerintahan yang cerdas untuk kemaslahatan masyarakat.

Program tersebut merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika. Akan tetapi, Sumenep dipercaya menjadi salah satu kabupaten/kota untuk mengembangkan program tersebut, dari 100 kota yang terpilih.

Program smart city ini ditopang enam pilar yaitu smart governance, smart living, smart branding, smart ekonomi, smart environment, dan smart society. Enam program tersebut ditangani, tambah Dian, oleh setiap OPD yang bersangkutan.

“Kami sudah melakukan rencana untuk smart city. Rencananya itu tentu dituangkan dalam master plan. Itu ada buku satu, bauku dua, buku tiga, itu menjadi acauan kami dalam membangun smart city di Kabupaten Sumenep,” jelas Ferdiansyah, Senin (8/7).

Di Sumenep sendiri, menurut mantan Kepala Dinas Perputakaan dan Kearsipan Sumenep tersebut, program ini telah dimulai sejak tahun 2018. Saat ini, semua OPD di Sumenep sudah tersambung secara online dengan pusat pemerintahan menggunakan kabel SO, sehingga absensi secara online.

Ke depannya, tambah kadis Diskominfo itu, pihaknya akan membuat data center, sehingga semua data pemerintahan ada di severnya diskominfo, namun saat ini masih persiapan penyiapan server tersebut. Ditambah lagi, di areal Taman Adipura akan dipasang wifi yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. (mad/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *