Program WUB dari Bupati Pamekasan Disebut Jitu Pulihkan Ekonomi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) STIMULUS WIRAUSAHA BARU: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat memeriksa bantuan mesin jahit yang akan disalurkan kepada peserta WUB.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pamekasan Ali Hosnan menilai, kebijakan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam memulihkan ekonomi masyarakat akibat wabah Covid-19 sudah tepat. Kebijakan yang dimaksud seperti program wirausaha baru (WUB) dan bantuan sosial (bansos).

Pria yang juga sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Madura (Unira) itu menganggap kebijakan bupati tersebut merupakan sebuah terobosan dalam mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Ini bukan karena punya program dari awal, seperti halnya direncanakan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM) yang akan didistribusikan ke warung milik rakyat (wamira). Sebenarnya ini merupakan pemulihan ekonomi yang digagas oleh bupati, kebetulan pada kondisi saat ini, memang itu salah satu caranya,” paparnya, Selasa (14/9/2021).

Menurut Hosnan, permasalahan ekonomi sebenarnya merupakan permasalahn pribadi. Karena itu, menurutnya, pelaku UMKM harus memiliki kesiapan mental. Sehingga, lanjut owner Be Queen itu, pelatihan WUB dan pemberian bansos sudah semestinya ada di tengah masyarakat. Ditambah lagi dengan memberi pendampingan terhadap program tersebut.

“Jadi, kalau dari segi ide dan gagasan, memang sudah luar biasa, cuma kadang yang perlu disinergikan, pendampingan teknis di bawahnya dalam persoalan apapun,” urai mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu.

Senada dengan itu, Ketua  Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Pamekasan Hudan Nasihin mengakui berbagai terobosan di tahun ketiga kepemimpinan bupati sejalan dengan cita-cita awal membangun Pamekasan Hebat.

“Sekarang banyak muncul wirausahawan baru yang difasilitasi oleh Pemkab Pamekasan. Mereka dibantu alatnya. Kebijakan bupati memang sangat pro rakyat, dan sangat menyentuh langsung terhadap kepentingan rakyat,” ujar Hudan.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky, Wawan A. Husna

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *