oleh

Program WUB Dimulai, Disnakertran Siap Dampingi Peserta sampai Berdikari

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan sukses melahirkan program Wirausaha Baru (WUB). Program yang merupakan prioritas dari Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja’e itu, segera direalisasikan untuk mengantarkan para calon pengusaha menjadi pengusaha.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Pamekasan Supriyanto, pembinaan dan pelatihan WUB sudah siap dilaksankana dan akandiikuti 1.554. Peserta itu terbagi dalam tiga jenis, yakni pelatihan klasikal, pemagangan dan workshop.

Terdapat 84 paket pelatihan klasikalyang terdiri dari 20 jenis pelatihan dan diikuti 1.334 peserta. Sedangkanpemagangan terdiri dari 2 kegiatan, yaitu marketing online dan tenun ikat, masing-masing 5 orang. Yang terakhir adalah workshop yang diikuti 200 peserta.

“Ini bukan programnya Disnakertrans, namun dari bapak bupati dan bapak wakil bupati, jadi harus sukses.Yang melaksanakan bukan hanya Disnakertrans, tetapi beberapa OPD Pemkab Pamekasan,”tuturnya, Kamis (29/7/2020).

Untuk mempelancar kegiatan tersebut, dibentuk 42 pendamping yang bertugas mendampingi dan memfasilitasi pelaksanaan pelatihan, mulai dari proses rekrutmen sampai dengan pasca pelatihan.Mereka dibagi sesuai dengan bakat dan permintaan.

“Rekrutmen peserta pelatihan dilaksanakan secara online dan secara offline yang selanjutnya dibentuk kelompok pelatihan sesuai dengan peminatan masyarakat,”ungkapnya.

Pelatihan tersebut awalnya akan dimulai pada April 2020 lalu, namun datangnya wabah Covid-19,kegiatannya tertunda dan baru bisa dilaksanakan pada bulan Juli hingga November 2020 dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan.

“Kegiatan pelatihan tidak hanya dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans, namun juga dilaksanakan di BLK komunitas di Pamekasan, pondok pesantren (ponpes), serta rumah penduduk untuk mendekatkan diri dengan masyarakat,”terangnya.

Sementara menurut Koordinator Fasilitator WUB atau Program Sapu Tangan Biru,Taufikurrahman, setiap pelatihan dari berbgai usaha yang diminati,akan dipastikannya berjalan sesuai aturan. Harapannya bisa mewujudkan impian pemkab untuk melahirkan ribuan pengusaha baru yang sudah ditargetkan.

“Pendamping ini nanti satu komando, satu tujuan untuk memfasilitasi masyarakat Pamekasan ikut dalam pelatihan sesuai dengan prosedur dan ketersediaan anggaran,” ulasnya.

Dalam pelaksanaan WUB, pihaknya juga akan rutin berkoordinasi dengan berbagai pihak.

“Semua fasilitator harus hadir dan betul-betul mendampingi mulai, dari proses persiapan sampai pasca kegiatan,”pungkasnya. (rul/waw/*)

Komentar

News Feed