Proses Migrasi Data, Layanan Dispendukcapil Pamekasan Ditutup Sehari

(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) DITUTUP: Dispendukcapil Pamekasan sementara waktu menghentikan layanan karena ada migrasi data.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pamekasan sementara waktu menghentikan layanan. Hal itu karena adanya sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) terpusat. Dengan itu, pengurusan data kependudukan untuk selanjutnya akan diakomodir Ditjen Dukcapil di Jakarta.

Kepala Dispendukcapil Pamekasan Ach. Faisol menjelaskan, pihaknya menghentikan layanan sementara. Sebab Ditjen Dukcapil tengah melakukan penarikan data kependudukan dari seluruh daerah. Agar proses migrasi data itu berjalan lancar, penambahan data di tingkat bawah untuk sementara waktu dihentikan.

“Prosesnya sampai hari Jumat. Sebab layanan kami one day service,” ucapnya, Kamis (17/2/2022).

Bacaan Lainnya

Karena sistem one day service itu, pihaknya tidak bisa membuka layanan selama proses migrasi data. Sebab masyarakat hanya cukup menunggu beberapa menit untuk memiliki KTP. Hal itu akan menghambat proses migrasi data karena data baru di bawah terus ditumpuk. Namun bagi Dispendukcapil yang tidak menerapkan one day service masih bisa tetap membuka layanan.

“Kalau orang tidak tahu pasti akan kecewa karena tidak dilayani. Padahal itu karena ada migrasi data,” jelasnya.

Namun Faisol menambahkan, penghentian layanan itu hanya berlaku sehari. Yaitu Jumat (18/2/2022). Pelayanan pembuatan KTP akan kembali dibuka pada Senin (21/2/2022). Pihaknya bisa saja tetap membuka layanan selama proses migrasi data. Namun warga harus lebih bersabar. Sebab yang biasanya selesai sehari, harus ditunda hingga migrasi data selesai.

“Bisa juga dibuka. Silakan masyarakat datang. Tapi belum bisa diproses. Kalau datang menyerahkan data, silakan, nanti kami proses,” pungkasnya.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.