oleh

Prosesi Pelantikan 42 Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Sumenep

Harus Jadi Solusi Tantangan Zaman

Kabarmadura.id/Sumenep-Empat puluh dua mahasiswa berseragam biru berbaris rapi di Graha Al-Ikhlas Lt II Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep. Mereka adalah para aktivis Pergerakan Mahsiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Sumenep yang sedang menunggu prosesi pelantikan. Perlahan, pengurus yang terdiri dari 8 Komisariat dan 8 pengurus rayon bergiliran satu per satu maju ke depan untuk dilantik sambil lalu menyanyikan lagu mars PMII yang dipandu oleh Bunga Almamater PMII Bintang Sembilan.

IMAM MAHDI, SUMENEP

SUASANA haru terlihat di di Graha Al-Ikhlas Lt II Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep Minggu (16/02/2020). Sejak pukul 10.36 WIB hingga pukul 11.23 WIB, suasana sudah ramai. Ratuasan kader dan senior PMII Sumenep seperti mabincab, ketua IKA PMII serta Ketua PKC Jatim dan Pengurus komisariat, Pengrus Rayon berdatangan ke tempat pelantikan tersebut. Mereka berpakaian rapi dengan berpakain jas biru, kopyah hitam serta kerudung kuning yang merupakan warna kebanggaan organisasi.

Pelantikan dipandu oleh Ketua Umum PKC PMII Jawa Timur. Mereka semua diajak untuk bersumpah, siap mengabdikan diri sepenuh hati. Sumpah tersebut dalam rangka janji yang sangat sakral untuk memimpin atau mengurus PC PMII Sumenep ke depannya. Pelantikan tersebut merupakan langkah awal bagi pengurus untuk ikut serta memajukan Sumenep.

Para peserta dan kader PC PMII Sumenep dapat mengamalkan dan mempraktekan ilmunya masing-masing, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan serta nilai-nilai pergerakannya. Kader PMII harus mampu menjadi solusi tantangan zaman, khususnya di era teknologi serta berparan aktif dalam era percepatan pembangunan pada perpres Nomor 80 tahun 2019 nantinya. Mahasiswa juga mampu bersaing dan berinovasi menciptakan karya. Mandiri, tidak tergantung orang lain serta menjadi pemimpin masa depan yang menginspirasi.

“Harapan kami, seluruh pengurua PC PMII Sumenep dapat mengakaji perpres Nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan nantinya ,” kata Ketua Umum PKC Jatim Abdul Ghani, Minggu (16/02/2020).

Selain itu, ilmu yang di dapat dari pelantikan itu diharapkan dapat bermanfaat dengan baik untuk para peserta dan kader PC PMII yang hadir. Menurutnya, kesakralan Aula Kemejdapat menjadikan saksi bahwa semua pengurus cabang PC PMII dapat menjalankan amanah dalm satu periode.

“Hal yang paling penting baginya adalah melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik dan seoptimal mungkin. Sebab, perjalanan satu tahun memimpin PC PMII Sumenep merupakan hal yang sangat berat yang harus dijalani dalam satu tahun ke depanya ”Kami siap mendukung atas program kegiatannya nantinya,” ujarnya.

Ketua PC PMII Sumenep demisioner Suryadi mengatakan, pelantikan PC PMII Sumenep merupakan langkah utama bagi kader pergerakan untuk memajukan adik-adik komisariat yang nantinya harus dilakukan pengayoman yang intens. Harapannya, PMII dapat menjadi organiasi yang paling diperhitungkan.

“Ayo bangkit berjuang melawan ketidakadilan. Dan mari, kita maknai momentum pelantikan ini untuk mengenang jasa pahlawan perjuangam yang berapi api,” paparnya.

Selain itu, Ia meminta pengurus yang baru untuk menyeriusi masalah pengaderan, termasuk juga masalah prosedur rekrutmen. Dengan demikian, diharapkan akan lahir kader militan yang sesuai dengan tuntutan zaman. Selain itu Suryadi meminta pemuda untuk melawan kepungan globalisasi. Sebab, saat ini semua alat canggih yang dibarengi dengan teknologi yang memadai.

“Para pengurus ke depannya tidak gaptek, serta berperan aktif pada masyarakat serta membantu percepatan pembangunan nantinya,” harapnya. (pai)

 

 

Komentar

News Feed