oleh

Proyek Jalan Rp500 Juta di Gili Genting, Kabupaten Sumenep Rentan Lampaui Deadline

KABARMADURA.ID, Sumenep – Pengerjaan proyek jalan di pulau Giligenting, Kabupaten Sumenep lamban. Akses jalan yang seharusnya dikerjakan Agustus, masih akan dikerjakan bulan ini. Sesuai perencanaan awal, proyek senilai Rp500 juta di bulan Oktober hingga November pengerjaannya sudah terselesaikan.

Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Sumenep Harianto Effendi mengaku, pengerjaan saat ini masih tender dan mulai pengiriman bahan material. “Masih akan dikerjakan mas,” ujarnya, Selasa (29/09/2020).

Dia menjelaskan, lambatnya pengerjaan lantaran proses lelangnya lama. Sehingga, berakibat pada pengerjaan. Menurutnya, saat ini pengerjaan tersebut harus dikebut, agar akhir tahun 2020 bisa selesai dengan panjang jalan 500 meter.

Pihaknya  berencana mencari cara agar pengerjaan tidak molor, dengan memberikan penawaran terhadap pihak rekanan. Salah satu opsinya pengerjaan dilakukan secara lembur. Sebab, solusi tersebut membuat pengerjaan tidak melewati deadline di tahun 2021.

“Saat ini sedang diusahakan, sisa waktu 3 bulan lebih akan dipercepat,” janjinya.

Proyek di tahun 2020 ini, sudah dianggap cukup. Sebab, sudah melalui kajian yang matang dan teken kontrak dan proses pengerjaannya akan dipercepat. Dia berharap, realisasi proyek tidak ada kendala di pertengahan jalan. Sehingga, kualitasnya dijamin bagus.

“Kami masih optimistis proyek itu bisa terselesaikan maksimal akhir bulan 2020,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Sumenep, M. Ramzi mendesak pemda untuk segera mengerjakan proyek fisik infrastruktur jalan di wilayah kepulauan. Sehingga proses finishing bisa diselesaikan tahun ini.

“Pekerjaan infrastruktur jalan di kepulauan dan semua proyek jalan semestinya bulan 3 serentak dikerjakan agar tidak seperti tahun sebelumnya hingga labrak deadline,” responnya.

Jika saat ini akan dikerjakan diklaim adanya ketidakberesan. Pihaknya berjanji, akan mengevaluasi dan memanggil dinas terkait. “itu harus segera dilaksanakan mengingat sekarang sudah memasuki triwulan ketiga tahun anggaran 2020,” paparnya.

Dia berharap, peningkatan infrastruktur jalan akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Sebab sangat berharga bagi warga setempat. “Kami akan segera evaluasi dan akan panggil secepatnya,” janjinya.  (imd/ito)

Komentar

News Feed