oleh

Proyeksikan Alfin di Gelandang Serang, Antisipasi Perubahan Strategi Permainan

Kabarmadura.id-Manajer Madura United Rahmad Darmawan melakukan perubahan yang signifikan ketika beruji coba dengan Tim Liga 2 Martapura FC, Rabu (16/9/2020) sore. Dia mencoba Alfin Tuasalamony di posisi yang berbeda, yakni sebagai gelandang serang.

Biasanya, Alfin bermain di posisi bek sayap. Namun, perubahan tersebut tidak membuat Madura United harus tunduk atas Martapura FC, melainkan menang dengan skor meyakinkan 4-1.

Di lini serang, Alfin berhasil memberikan support bagus terhadap Aldo Maulidino, Moch Kevy Syahertian, Samuel Chistianson Simanjuntak.

RD-sapaan familiar dari Rahmad Darmawan ini membeberkan, sejatinya posisi gelandang serang bukan yang baru bagi Alfin. Saat RD menangani Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Sea Games 2013, dirinya juga memploting Alfin sebagai gelandang nomor 10.

Alhasil, mantan Pelatih Tira Persikabo ini menuturkan, Alfin bermain bagus, serta mampu menciptakan situasi berbahaya di pertahanan Timnas Myanmar yang berujung penalti. Kesempatan tersebut berbuah gol yang sekaligus menghantarkan Tim Garuda menang.

Selain itu, RD menambahkan, Alfin tidak sebatas bisa bermain sebagai gelandang serang, namun bisa bermain di lini pertahanan, lini tengah, dan lini serang. RD pernah mencoba semua posisi itu pada Alfin saat membesut Persebaya Surabaya.

“Alfin dengan saya di Timnas Sea Games pernah main di posisi itu. Jadi, saya tidak kaget ketika kami menang sama tuan rumah Myanmar, dia bikin situasi berbahaya, lalu terjadi penalti, lalu kami menang,” ucapnya kepada Kabar Madura.

Melihat penampilan Alfin sebagai gelandang serang, Manajer Madura United cukup puasa. Tapi, dia berpandangan, Alfin masih butuh digodok kembali agar bisa lebih matang. Sebab, dia tahu, Alfin sudah lama tidak bermain di posisi gelandang serang.

Strategi perubahan posisi Alfin tidak terlepas dari gelandang serang Madura United yang hanya meninggalkan nama Slamet Nurcahyo. Tak ayal, RD mengaku, butuh pemain tambahan di posisi tersebut untuk pelapis Slamet atau perubahan strategi.

“Perlu kita ketahui, pemain Madura United yang nomor 10 tinggal satu, Slamet Nurcahyo. Tentu, saya butuh orang dan harus segera disiapkan,” pungkasnya. (idy/pin)

Komentar

News Feed