Proyeksikan Rp10 M untuk Dana Channeling Khusus WUB

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MODAL: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (DISKOP UMKM) Pamekasan akan terus memberikan pendampingan permodalan kepada pengusaha baru.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (DISKOP UMKM) Pamekasan memproyeksikan Rp10 miliar untuk dana channeling khusus peserta yang sudah dilatih dari program wirausaha baru yang merupakan program prioritas pasangan Berbaur. Sehingga setelah diberi pelatihan, para peserta bisa memulai usahanya dengan pinjaman modal yang disiapkan.

Adapun modal yang sudah diintervensi pemerintah pada tahun 2020 sudah dialokasikan Rp15 miliar, sedangkan untuk tahun 2021 diproyeksikan sebesar Rp10 Miliar.

Bacaan Lainnya

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Diskop UMKM Pamekasan, Abdul Fata, untuk pemberian pinjaman kepada orang yang sudah didampingi pelatihannya dalam program WUB, akan mendapatkan suntikan kembali dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), sehingga mudah mendapatkan akses permodalan dalam memulai usaha.

“Kebetulan untuk bank yang ditunjuk bupati adalah Bank UMKM, jadi tambahan modal usaha ini diberikan kepada bank pelaksana, ”paparnya, Rabu (3/2/2021).

Ditambahkannya, peserta yang sudah mengikuti pelatihannya, caranya sangat mudah, yakni dengan mengajukan pinjaman modal dengan mengisi formulir pendaftaran; kemudian nanti disurvei, diakad, dan dinotariskan, serta berbagai pemenuhan persyaratan lainnya. Sehingga pada akhirnya akan diberikan pinjaman modal untuk memulai usaha baru hasil pelatihan yang didapatkan.

“Kami setiap hari melakukan survie ke lapangan, dalam rangka melihat kondisi real di lapangan, sebagaimana yang diatur dalam perbankan,” ulasnya.

Dia berharap dengan adanya pinjaman modal, bisa memacu semangat para pengusaha baru untuk memulai usahanya, sehingga berdampak pada lapangan pekerjaan yang semakin terbuka.

“Kami harap terus bermunculan pengusaha-pengusaha baru,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Khairul Anam, sangat mengapresiasi berbagai langkah dan program penciptaan wirausaha baru, hal itu setelah dilakukan beragam  analisa terhadap  hasil pelatihan yang bisa dikembangkan untuk dipasarkan.

“Kami memang dorong, dan kami support, karena ini adalah salah satu cara memajukan masyarakat melalui kemandirian ekonomi. Tentunya setelah kita latih, kita berikan alat, kemudian kita bantu permodalannya. Ini sangat membantu mengurangi angka pengangguran,” tukasnya. (rul/km58)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *