PS Merpati Cikal Bakal Koperasi Putera Swadaya Merpati Jakarta

  • Whatsapp
(FOTO: AQ for KM) POTRET DULU: Ketika Achsanul Qosasi memberikan wejangan terhadap pengurus Koperasi PS Merpati.

KABARMADURA.ID – Setiap tanggal 12 Juli momentum memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas). Itu bertepatan dengan sejarah kongres pertama pergerakan koperasi di Indonesia tahun 1947. Harkopnas tahun ini tercatat sebagai peringatan yang ke-74.

Seiring dengan kian banyaknya jumlah koperasi di Indonesia, terdapat satu koperasi di Daerah Kemerdekaan Indonesia (DKI) Jakarta, tepatnya di Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan yang berawal dari klub sepakbola kampung. Koperasi itu bernama Putera Swadaya Merpati atau dikenal dengan Koperasi PS Merpati.

Awalnya, putra Madura Achsanul Qosasi yang tengah tinggal di Jakarta Selatan menghidupkan kembali klub kampung di Kelurahan Petukangan yang bernama Persatuan Sepak Bola (PS) Merpati. Klub tersebut sebatas bertanding di kompetisi internal di Jakarta Selatan.

Seiring berjalannya waktu, pria yang tengah menjadi Dewan Koperasi Indonesia itu merintis koperasi di daerah itu, ialah Koperasi PS Merpati pada 10 Oktober 1998, tepatnya saat Indonesia sedang dilanda krisis muniter. Kala itu, Presiden Republik Indonesia (RI) Bj Habibie sedang menggenjot usaha kecil dan menengah (UKM) berbasis koperasi.

Putra daerah yang sedang menjabat sebagai Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ini menceritakan, awal mula mendirikan koperasi hanya bermodal Rp15 Juta. Lalu, dia mendirikan bersama 21 anak muda pemain sepakbola di klub kampung PS Merpati itu.

“Di Petukangan Selatan itu, saya dirikan klub PS Merpati, kata orang kampung saya tinggal, dulu ada klub Merpati, saya hidupkan kembali, yang kemudian menjadi cikal bakal Koperasi Putera Swadaya Merpati atau PS Merpati,” curhatnya kepada Kabar Madura, tepat di momentum Harkopnas 2021.

Bagusnya, koperasi PS Merpati dan klub sepak bola kampung itu tetap eksis hingga sekarang. (idy/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *