oleh

PSSI Pamekasan Orbitkan 3 Wasit Perempuan

KABARMADURA.ID –Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyiasati kekosongan kompetisi dengan menggelar kursus wasit C-3 sejak Senin-Minggu (9-15/11/2020).

Pembukaan kursus tersebut akan berlangsung di Hotel New Ramayana Pamekasan. Baru ke belakang akan diberikan materi di dalam ruangan.

Sekretaris Askab PSSI Pamekasan Haqi menyampaikan, pelatihan tersebut tidak sebatas indoor. Namun, pihaknya juga mengonsep agenda outdoor. Itu guna menguji fitness peserta di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP) Pamekasan.

“Nanti ada materi indoor dan outdoor, soalnya ada tes fitnessnya. Insya Allah, yang di luar kelas akan dilaksanakan di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan),” tuturnya kepada Kabar Madura, Minggu (8/11/2020) petang.

Sebanyak 35 peserta yang mengikuti Kursus Wasit C-3 itu. 32 peserta lainnya dari klub binaan Askab PSSI Pamekasan. Sejatinya, klub binaannya terdapat 35, namun tiga kkub tidak mengirimkan calon wasit.

Tiga di antaranya calon wasit perempuan di Bumi Gerbang Salam itu. Kata Haqi, pihaknya memang mempersiapkan tiga wasit tersebut guna mengantisipasi sepak bola perempuan berkembang di Pamekasan.

Selain itu, sejatinya wasit perempuan bisa memimpin pertandingan sepak bola pria seperti yang pernah terjadi di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2019.

“Dari klub 35 anggota, yang tidak mengirim ada tiga klub. Tapi, ditambah tiga calon wasit perempuan dari Pamekasan yang kami orbitkan sebagai keterwakilan dari kaum hawa,” sambungnya.

Di samping 35 peserta itu, Haqi mennyebutkan, kemungkinan akan bertambah enam calon wasit dari luar Pamekasan. Tapi, dia masih belum bisa memastikan rencana tersebut. (idy/nam)

Komentar

News Feed