PSSI Sumenep Mulai Putus Asa Kembangkan Sepakbola

(FOTO: KM/MOH RAZIN ) KOMPETISI: PSSI Sumenep pesimis bisa memajukan dunia sepakbola. Bahkan, belum berani untuk menggelar kompetisi resmi.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Meski penjaringan untuk mencari pemain sepakbola sudah  menyasar ke pelosok-pelosok. Namun, kondisi itu tidak lantas membuat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumenep optimistis bisa memajukan dunia sepakbola. Bahkan, pesimis untuk menggelar kompetisi resmi.

Ketua PSSI Sumenep Hairul Anwar mengatakan, tahun ini PSSI mendapatkan dana Rp400 juta untuk menghidupkan sepakbola, terutama Perssu yang merupakan klub satu-satunya yang dibiayai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

“Tahun ini hanya disediakan Rp400 juta saja, itu tidak cukup buat gaji, tepatnya ongkos bensin pemain dan persiapan-persiapan kompetisi saja,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Latihan yang selama digelar bukan untuk persiapan Liga 3, melainkan, lanjut Khairul, persiapan laga pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur.

”Anggaran cukup minim, itu sangat tidak cukup, apalagi sumber daya manusia sepakbola itu kurang lebih membutuhkan sekitar 35 orang,’ jelasnya.

Sehingga, lanjut Khairul, untuk mengatrol kebutuhan dana, dirinya tidak jarang menggunakan dana pribadi.

“Pada laga lalu itu kami menghabiskan Rp1 miliar lebih, tidak mudah merawat sepakbola di Sumenep ini,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Moh Iksan mengatakan, Pemkab Sumenep menyediakan Rp4 miliar untuk keberlangsungan dan peningkatan cabang olahraga (cabor).

Dana tersebut selain dikhususkan untuk persiapan dan pelaksanaan mengikuti kompetisi, juga peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) yang jumlahnya kurang lebih 23 cabor.

“Rp4 miliar akumulasinya, Rp1 miliar untuk persiapan dan Rp1 miliar lagi untuk pelaksanaannya nanti. Dan Rp2 miliar untuk peningkatan cabornya, salah satunya untuk sepakbola,” tutur Iksan.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.